DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 04:45 WIB

Gerbang Tol Kalihurip Utama dan Cikampek Utama Mulai Beroperasi

Dian Firmansyah - detikNews
Gerbang Tol Kalihurip Utama dan Cikampek Utama Mulai Beroperasi Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta - Meski proyek pembangunan belum rampung, Gerbang Tol Kalihurip Utama dan Cikampek Utama sebagai pengganti Gerbang Tol Cikarang Utama mulai beroperasi.

Pemberlakukan gerbang tol dipimpin langsung oleh General Manager Tol Purbaleunyi, A.J. Dwi Winarsa, Pukul 00.10 WIB, Kamis (23/05/201) tengah Malam.

"Gerbang tol kalihurip utama merupakan pengganti GT Cikarang Utama, hari ini GT Kalihurip Utama mulai beroperasi untuk melayani pemakai jalan, dan sekaligus secara resmi diberlakukannya sistem operasi terbuka di Cikampek," ujar Dwi di Lokasi GT Kalihurip Utama KM 67 Tol Cipularang.

Dengan mulai dioperasionalkannya gerbang tol Kalihurip Utama, pengendara yang melintas di jalan tol Cikampek dari arah Jakarta maupun dari arah Cikampek yang hendak menuju Bandung via tol Cipularang, melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol Kalihurip. Sedangkan aktivitas pembayaran tol di GT Cikarang Utama ditiadakan.

"Ini merupakan konsekuensi diberlakukannya perubahan sistem terbuka di ruas tol Jakarta-Cikampek, jadi di Cikarang Utama dinetralisasi, diarahkan ke arah timur ditangkap di Cikampek utama, lalu yang ke arah selatan menuju Bandung ditangkap di Kalihurip Utama menuju ruas Cipularang", ungkapnya.
Gerbang Tol Kalihurip Utama dan Cikampek Utama Mulai BeroperasiFoto: Dian Firmansyah

Pengelola tol menyediakan 14 gardu utama yang dapat digunakan di dua arah, serta 10 gardu satelit. Saat ini dari 14 gardu yang sudah siap dioperasionalkan, hanya 8 gardu yang dibuka mengingat lalu lintas masih relatif sepi.

Sementara untuk menghadapi arus mudik lebaran ini, pihaknya terus mengebut pengerjaan pembangunan gerbang yang belum rampung.

"Untuk mudik ini kita sudah sediakan 14 gardu, semuanya sudah siap operasi. Saat puncak arus mudik, kita sedang sediakan gate satelit yang sedang kejar penyelesaian baik yang ke Bandung atau ke Jakarta", jelas dwi.

Ditargetkan, proyek pembangunan dapat selesai dan difungsikan pada tanggal 25 Mei 2019 mendatang.

Diketahui, pemindahan gerbang GT Cikarang Utama ke dua garbang; GT Cikampek Utama di KM 70 Tol Cikampek dan GT Kalihurip Utama di KM 67 Tol Cipularang, diharapkan menjadi solusi kemacetan parah yang kerap terjadi di ruas jalan tol cikampek. Sehingga aktivitas pembayaran tol dapat terpecah sesuai tujuan pengendara.

Selain gerbang Tol Kalihurip Utama ini, secara bersamaan, GT Cikampek Utama pun mulai dioperasionalkan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed