DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 15:19 WIB

Ridwan Kamil Minta Elit Politik Redakan Kerusuhan Jakarta

Mukhlis Dinillah - detikNews
Ridwan Kamil Minta Elit Politik Redakan Kerusuhan Jakarta Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta elit-elit politik turun tangan mendinginkan situasi ibu kota yang memanas. Ia khawatir aksi-aksi tersebut ditunggangi pihak-pihak tak bertanggungjawab.

"Saya berharap elit-elit nasional khususnya di Jakarta segera lah melakukan tindakan, minimal statement yang memadamkan atau menyejukkan situasi yang sedang panas hari ini," kata Emil sapaannya di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).


Menurutnya pernyataan dari tokoh-tokoh negara dianggap penting untuk mencegah aksi meluas. Termasuk, mengantisipasi aksi-aksi tersebut juga dikendalikan oleh pihak lain.

"Yang mau aksi demo silakan, karena itu hak dilindungi oleh konstitusi. Tapi jangan sampai ditunggangi dan terjadi kerusuhan seperti yang terpantau," ucapnya.

Ia memastikan tidak ada pergerakan warga Jabar ke Ibu Kota. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menghalau pergerakan massa dari Jabar.


Emil mengatakan mengenai konteks penolakan hasil pemilu, seharusnya sudah ranah Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, ia meminta masyarakat menunggu keputusan MK.

"Kalau di Jabar sudah koordinasi dengan Kapolda berkali-kali, insyaallah aman tak ada pergerakan di 27 daerah. Saya berharap semua menahan diri apalagi ini bulan puasa mari kita hormati," kata Emil.
(mud/tro)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed