detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 13:19 WIB

Vonis Bupati Cirebon Ungkap Keterlibatan Ajudan yang Cari Untung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Vonis Bupati Cirebon Ungkap Keterlibatan Ajudan yang Cari Untung Sunjaya menangis saat divonis 5 tahun penjara oleh hakim. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Majelis hakim telah memvonis Bupati Cirebon nonaktif Sunjaya Purwadisastra 5 tahun bui. Dalam vonis atas kasus jual-beli jabatan di Kabupaten Cirebon tersebut, hakim turut menyeret satu nama lain.

Dalam perkara tersebut, sejauh ini ada dua nama yang diadili. Selain Sunjaya sebagai pihak penerima, ada Gatot Rachmanto Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Cirebon yang memberikan uang kepada Sunjaya usai dipromosikan.


Namun dalam vonis hakim yang dibacakan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung pada Rabu (22/5/2019) ada nama lain yang ikut terseret. Nama tersebut yakni Deni Syafrudin, ajudan Sunjaya yang disebut hakim turut serta dalam kasus ini.

"Berdasarkan pertimbangan hakim, unsur mereka yang melakukan dan turut serta melakukan majelis hakim menyatakan terpenuhi," ucap hakim saat membacakan putusan.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut Deni kerap terlibat dalam hal penerimaan duit dari para aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Cirebon yang dipromosikan. Menurut hakim, Deni diduga turut serta bukan hanya atas perintah melainkan untuk memperoleh keuntungan.


"Kerja sama dengan Deni Syafrudin berulang kali dilakukan. Patut diduga Deni sengaja diyakini bukan hanya perintah atasan, melainkan ada keinginan Deni memperoleh keuntungan," tutur hakim.

Dalam vonis hakim juga, Deni disebut beberapa kali terlibat. Deni disebut menjadi penerima uang dari Gatot Rachmanto Sekretaris Dinas PUPR Cirebon yang memberi Sunjaya Rp 100 juta usai dipromosikan. Atas penerimaan itulah, Sunjaya diadili di persidangan. Gatot divonis selama 1 tahun penjara sementara Sunjaya divonis 5 tahun penjara.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com