DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 04:46 WIB

Tips Polisi untuk Warga Lewati Jalur Rawan Cikidang-Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tips Polisi untuk Warga Lewati Jalur Rawan Cikidang-Palabuhanratu Jalur rawan kecelakaan Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Jalan alternatif Cikidang-Palabuhanratu kerap menjadi pilihan favorit bagi warga yang ingin berwisata ke kawasan wisata Pantai Geopark Ciletuh dan Palabuhanratu. Meskipun pemandangannya cantik dengan hamparan hutan, perkebunan sawit dan kebun teh, polisi meminta warga untuk waspada ketika melintasi jalur tersebut.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Galih Bayu memprediksi jalur wisata tersebut akan menjadi salah satu pilihan pasca hari raya lebaran nanti. Jalur Cikidang adalah alternatif selain jalur Simpang Ratu-Cikembar menuju kawasan pantai tersebut.

"Untuk pemotor maupun pemobil bagi yang baru pertama melintasi jalur Cikidang yang harus disiapkan adalah pandangan selalu awas karena tikungan tajam, jalan menurun dan menanjak akan ditemui secara tidak terduga sepanjang perjalanan nanti," kata Galih kepada detikcom, Selasa (21/5/2019).

Kemudian, kata Galih, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Periksa kondisi ban, oli dan ornamen kendaraan lainnya termasuk rem. Mayoritas kecelakaan di jalur tersebut adalah rem blong dan kondisi ban kendaraan yang kurang baik.

"Pastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik, terutama ban dan rem. Kalau memang kondisinya kurang bagus kami sarankan untuk jangan dipaksakan. Ingat di lokasi jalur Cikidang ada Letter S yang mana lokasi itu sering terjadi kecelakaan," katanya.

Terakhir, Galih meminta pengendara untuk memperhatikan rambu yang sudah disebar di sepanjang jalan tersebut. Rambu itu tidak hanya disiapkan oleh kepolisian tapi juga oleh pegiat wisata di daerah tersebut.

"Ada banyak rambu di sepanjang jalan yang kurang lebih berjarak sekitar 35 kilometer menuju ke Palabuhanratu. Diharapkan pengendara untuk melihat rambu-rambu peringatan tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Galih.
Tips Polisi Untuk Warga Lewati Jalur Rawan Cikidang-PalabuhanratuFoto: Syahdan Alamsyah
Pantauan detikcom, di tikungan S Cikidang yang sempat menewaskan 21 orang penumpang bus beberapa waktu silam telah terpasang roller barrier untuk mengantisipasi kejadian serupa kembali terulang.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed