DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 21:30 WIB

Aparat Gabungan Jabar Serentak Razia Massa Hendak Aksi 22 Mei

Sudirman Wamad, Wisma Putra, Deden Rahadian - detikNews
Aparat Gabungan Jabar Serentak Razia Massa Hendak Aksi 22 Mei Polisi saat menggelar razia di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Bandung - Sejak beberapa waktu terakhir sejumlah daerah di Jawa Barat menggelar razia untuk mengantisipasi massa yang akan mengikuti aksi 22 Mei di Jakarta. Penyekatan atau razia tersebut digelar oleh aparat gabungan TNI dan Polri.

Seperti dilakukan Polres Cirebon yang melakukan penyekatan di Pantura arah Jakarta. Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan razia tersebut dilakukan untuk menghindari ancaman teroris pada aksi 22 Mei.

"Kami melaksanakan razia terhadap masyarakat yang mengarah ke Jakarta. Kita antisipasi adanya terorisme," kara Suhermanto di sela-sela razia, Selasa (21/5/2019).


Selain di jalan raya, razia juga digelar di tiga titik gerbang tol yakni Ciperna, Ciledug dan Plumbon yang mengarah ke Jakarta. Kendaraan penumpang, seperti bus dan lainnya serta kendaraan pribadi menjadi sasaran razia tersebut.

Razia juga dilakukan oleh personel gabungan di Kabupaten Bandung. Sama seperti di Cirebon, razia di Kabupaten Bandung juga digelar di jalan raya perbatasan Kota Bandung dan sejumlah gerbang tol.


"Dalam rangka antisipasi rencana aksi 22 Mei 2019 di Jakarta, sebanyak 700 personil gabungan TNI Polri, Satpol PP dan instansi lainnya melakukan penyekatan massa di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung," kata Kapolres Bandung AKBP Indra.

Masih hari yang sama, Polres Tasikmalaya juga melakukan agenda serupa. Razia oleh Polres Tasikmalaya menyasar kendaraan pribadi dan umum di jalur alternatif Singaparna-Garut.


Kapolres Tasikmalaya AKBP Donny Eka Putra mengatakan razia dilakukan dengan cara pemeriksaan barang bawaan dan surat-surat kendaraan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi massa yang bergerak ke Jakarta dengan membawa barang berbahaya.

"Kita imbau masyarakat ibadah saum dengan khidmat. Apalagi malam ini Nuzulul Quran. Sesuai arahan ulama, pelaksanaan malam Nuzulul Quran di gelar serentak di Kabupaten Tasikmalaya malam ini," ujar Dony.

Selain tiga wilayah tersebut, razia juga dilakukan hampir di seluruh Jawa Barat seperti di Sukabumi, Ciamis, Garut dan Sumedang. Untuk di Sumedang, polisi memulangkan anggota FPI yang hendak ke Jakarta. Sementara di Garut aparat gabungan mengamankan lima orang pria yang diduga sebagai teroris.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed