DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 16:55 WIB

Dua Pengeroyok Suporter Persija Haringga Sirla Ajukan Banding

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Dua Pengeroyok Suporter Persija Haringga Sirla Ajukan Banding Hakim memvonis 7 terdakwa dengan hukuman 7-9,5 tahun penjara. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Tujuh terdakwa pengeroyok suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, divonis 7-9,5 tahun bui. Dua orang dari tujuh terdakwa langsung mengajukan banding.

Keduanya itu yakni Cepi Gunawan (20) dan Joko Susilo (32). Mereka tidak menerima putusan dari majelis hakim yang dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

"Baik itu putusan melalui Cepi Gunawan dan Joko Susilo, dalam hal ini terdakwa punya hak banding. Itu akan kita ajukan," ucap pengacara dua terdakwa Dikdik Sumaryanto usai persidangan.


Dikdik mengatakan kedua terdakwa sejak awal sudah berkeyakinan tidak melakukan penganiayaan terhadap korban Haringga. Meski begitu, majelis hakim dalam putusannya menyebut keduanya bersalah turut serta melakukan penganiayaan.

"Apa yang terdakwa sampaikan bahwa sampai detik ini baik Cepi maupun Joko tidak melakukan apa yang dituduhkan jaksa. Jadi hak terdakwa untuk melakukan upaya hukum akan dilakukan sampai putusan yang seadil-adilnya," katanya.

Sementara itu 5 terdakwa lain yakni Aditya Anggara (19), Goni Abdulrahman (20), Dadang Supriatna (19), Budiman (41) dan Aldiansyah (21) tidak mengambil sikap secara langsung. Mereka mengambil sikap pikir-pikir selama sepekan.

"Kemudian tadi atas putusan itu kami memiliki waktu selama 7 hari menurut KUHPidana untuk pikir-pikir. Kami menggunakan waktu itu untuk pikir-pikir," ucap Dadang Sukmawijaya pengacara 5 terdakwa.


Sementara itu jaksa Kejari Bandung bersikap sama. Jaksa pikir-pikir atas hasil putusan hakim. Termasuk akan berkoordinasi dengan pimpinan terkait banding yang diungkapkan dua terdakwa.

"Kami masih pikir-pikir dulu karena kami pun masih harus berkoordinasi dulu dengan pimpinan," ucap jaksa Kejari Bandung Melur Kimaharandika.



Simak Juga '7 Pengeroyok Suporter Persija Haringga Dituntut 7-11 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed