DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 15:25 WIB

Polisi Cirebon Antisipasi Macet Mudik di 4 Titik Pasar Tumpah

Sudirman Wamad - detikNews
Polisi Cirebon Antisipasi Macet Mudik di 4 Titik Pasar Tumpah Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Polres Cirebon mengantisipasi terjadinya kemacetan di empat titik pasar tumpah dan kawasan kuliner yang berada di jalur Pantura Cirebon saat arus mudik lebaran nanti.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengaku telah berkoordinasi dengan Satpol PP, Dishub dan TNI terkait antisipasi kemacetan di pasar tumpah dan kawasan kuliner. Suhermanto menyebutkan untuk empat titik pasar tumpah yang rawan kemacetan adalah Pasar Tegal Gubug, Pasar Minggu Palimanan, Pasar Gebang dan Pasar Losari.


Suhermanto mengatakan pedagang dan pelaku usaha lainnya di empat titik pasar tumpah itu telah menyepakati untuk turut membantu kelancaran arus lalu lintas saat arus mudik. "Kita sudah rapat kordinasi lintas sektoral. Untuk pasar tumpah itu ada empat titik. Kita sudah membuat kesepakatan dan insyaallah soal pasar tumpah ini sudah clear," ucap Suhermanto kepada wartawan di Stadion Ranggajati Cirebon, Selasa (21/5/2019).

Untuk antisipasi kemacetan yang berada di kawasan kuliner seperti di Jalan H Ir Juanda Cirebon, Suhermanto mengaku telah berkoordinasi dengan Polresta Cirebon terkait rekayasa jalur. "Itu kan masuk wilayah Kota Cirebon juga, jadi kita kordinasi dengan Polresta Cirebon. Sudah siapkan rekayasa lalu lintas jika ada permasalahan," katanya.


Suhermanto mengaku telah menyiapkan rekayasa lalu lintas ketika terjadi kepadatan di jalur pantura. Kendaraan dari arah Jakarta, kata Suhermanto, dialihkan menuju jalur alternatif yakni wilayah Sumber dan Kalitanjung.

"Pengalihan bisa dilakukan sesuai situasi kalau memang krodit. Kita alihkan ke jalur alternatif," ucap Suhermanto.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri terkait persiapan arus mudik lebaran. "Sudah kita siapkan antisipasinya di jalur yang rawan macet, seperti pasar tumpah. Kita antisipasi agar jalan tidak terganggu," kata Imron.


Pemkab Cirebon akan mengatur para pedagang di empat pasar tumpah itu untuk tertib dan membantu kelancaran arus lalu lintas. "Kita akan mulai H-7 sebelum lebaran. Kita bersama-sama TNI dan Polri agar arus mudik lancar," tuturnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed