DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 12:18 WIB

Pemprov Jabar Salurkan Subsidi Rp 20 M untuk Sembako Murah

Yudha Maulana - detikNews
Pemprov Jabar Salurkan Subsidi Rp 20 M untuk Sembako Murah Warga antre membeli paket sembako murah di Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar menyalurkan Rp 20 miliar untuk subsidi paket sembako di 27 kota/kabupaten. Kepala Disperindag Jabar M Arifin mengatakan subsidi tersebut akan disebar untuk 222.054 rumah tangga miskin (RTM) .

"Jumlah penduduk miskin ada sekitar 2 juta-3 jutaan, misal masing-masing pemerintah daerah menganggarkan nanti akan lebih banyak RTM yang mendapatkan sembako," ujar Arifin di Kecamatan Cimahi Utara, Selasa (21/5/2019).


Arifin mengatakan harga paket sembako itu dibanderol Rp 135 ribu. Pemprov, kata Arifin, mensubsidi sebesar Rp 75 ribu per paket, sehingga warga bisa mendapatkan paket sembako tersebut seharga Rp 60 ribu.

Pembagian sembako tersebut dilakukan melalui operasi pasar murah (OPM) yang salah satunya digelar di Kantor Kecamatan Cimahi Utara. "Kalau di Cimahi ini, ada sekitar 6 ribu RTM," kata Arifin.

Pantauan detikcom hingga pukul 10.00 WIB, warga terus berdatangan. Di tangan mereka tergenggam kupon yang akan ditukarkan dengan sepaket sembako.


Arsinah (47), warga Kelurahan Cibabat, mengaku terbantu dengan kegiatan ini. Menurutnya beban warga bisa sedikit berkurang dalam membeli sembako. "Ya alhamdulillah, mudah-mudahan sering ada kegiatan seperti ini," kata Arsinah di sela OPM.

Dengan uang sebesar Rp 60 ribu, ia bisa mendapatkan lima kilogram beras premium, tiga kilogram gula pasir dan minyak goreng premium tiga liter. "Kalau beli di pasar atau warung, mungkin harga semuanya bisa lebih dari Rp 100 ribu," katanya.
Pemprov Jabar Salurkan Subsidi Rp 20 M untuk Sembako MurahFoto: Yudha Maulana
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan OPM ini dilaksanakan di tiga kecamatan di Kota Cimahi. Ia berharap program ini bisa membantu RTM yang berada di wilayahnya.

"Selisih harganya bisa lebih dari 50 persen ya, kami mengapresiasi kepada pemerintah Jabar, alhamdulillah pembagian sembako sesuai dengan sasarannya," katanya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed