detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 11:42 WIB

Pedagang Pasar Kosambi Mengais Barang yang Selamat dari Puing Kebakaran

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pedagang Pasar Kosambi Mengais Barang yang Selamat dari Puing Kebakaran Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Sejumlah pedagang Pasar Kosambi tampak sibuk usai kebakaran hebat melanda pasar tersebut. Para pedagang mencari barang-barang yang bisa diselamatkan.

Pantauan detikcom pada Selasa (21/5/2019) sekitar pukul 11.00 WIB, para pedagang tampak mencari sesuatu di tumpukan puing-puing bangunan yang hancur akibat kebakaran itu. Mereka mengaku mencari barang yang bisa diselamatkan.

"Ini kan tempat dagangan ya, ada bumbu rempah-rempah terus ada 4 buah mesin, kita lagi periksa," ucap Buyung (50) penjual bumbu rempah-rempah saat ditemui di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Buyung mengaku akibat kebakaran ini dia mengalami rugi ratusan juta. Buyung total memiliki 5 kios di Pasar Kosambi ini.

"Kita ada 5 kios, yang habis di dalan ada 4. Kerugian bisa Rp 300 juta lah. Karena rempah-rempah kan mahal," kata Buyung.

Serupa dengan Buyung, Jajang (60) pun mengaku mengalami rugi yang tak sedikit. Kios oleh-olehnya yang berada di lantai dasar, turut jadi korban.

"Kalau ditaksir bisa puluhan juta. Tapi namanya juga musibah ya saya anggap cobaan," ucap dia.

Sementara itu Kabid Pemadaman Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan secara keseluruhan api di Pasar Kosambi berhasil dipadamkan. Namun masih ada satu titik bara api lagi yang muncul di bagian basement.

"Secara keseluruhan padam. Cuma ada bara kecil muncul sedang dipadamkan. Itu di satu titik, api kecil bekas tumpukan barang," kata Kurnia.

Terkait jumlah kios yang terbakar, Kurnia mengatakan jumlah itu tengah dalam pendataan PD Pasar. Sementara untuk penyebab, masih dianalisa oleh pihak kepolisian

"(Untuk penyebab) oleh tim inafis polisi," kata Kurnia.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com