detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 11:41 WIB

Aksi 22 Mei, Warga Cirebon Tak Rombongan Berangkat ke Jakarta

Sudirman Wamad - detikNews
Aksi 22 Mei, Warga Cirebon Tak Rombongan Berangkat ke Jakarta Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto dan Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyebutkan pihaknya mengerahkan 1.200 personel gabungan terkait pengamanan pengumuman hasil pemilu. Ribuan personel gabungan tersebut tersebar di beberapa titik.

Bukan hanya itu, lanjut dia, sejak Senin malam kemarin pihaknya melakukan penyekatan atau pencegahan pengerahan massa dari Cirebon ke Jakarta untuk aksi 22 Mei 2019. Diperkirakan ada warga Cirebon berangkat ke Jakarta tanpa konvoi.

"Totalnya ada 1.200 personel gabungan. Kita belum temukan adanya pengerahan massa. Mungkin ada yang berangkat, tapi tidak rombongan. Ya sendiri-sendiri," kata Suhermanto usai apel pengamanan pengumuman hasil pemilu di Stadion Ranggajati Cirebon, Jabar, Selasa (21/5/2019).


Pelaksana tugas (Plt) Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengimbau masyarakat agar tidak ikut aksi 22 Mei. Ia menyarankan masyarakat muslim Cirebon khusyuk beribadah bertepatan momen Ramadhan.

"Jangan pergi ke Jakarta, di rumah saja. Lebih baik baca Alquran, mendekatkan diri ke Allah, sekarang kan bulan puasa," kata Imron di tempat yang sama.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap menghargai proses pemilu dan tak terprovokasi. "Itu (hasil pemilu) bagian dari ikhtiar, kita ikuti saja. Ada aturan dan jalurnya sendiri jika ingin protes. Jadi, jangan ke Jakarta," ujarnya.

Dia menyebutkan apel pengamanan pengumuman hasil pemilu bertujuan untuk tetap menjaga Cirebon tetap kondusif. "Ini antisipasi agar tidak terjadi hal yang diinginkan," ucap Imron.



Soal Aksi 22 Mei, Luhut: Boleh, Tapi Jangan Anarkis:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed