DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 03:46 WIB

Arus Mudik, Kendaraan Besar Dilarang Masuk Jalur Cikidang-Loji

Syahdan Alamsyah - detikNews
Arus Mudik, Kendaraan Besar Dilarang Masuk Jalur Cikidang-Loji Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Sukabumi - Polisi melarang kendaraan besar, termasuk bus ukuran sedang, melintasi jalur alternatif menuju Palabuhanratu via Cikidang dan Palabuhanratu menuju area Pantai Palampang Geopark Ciletuh via Loji. Larangan ini mulai diberlakukan saat arus mudik atau tujuh hari menjelang Lebaran 2019.

Alasan pelarangan tersebut bertujuan menghindari kecelakaan di jalur yang terbilang ekstrem tersebut. Kedua jalur tersebut nantinya akan dikhususkan untuk kendaraan angkutan kecil dan mobil pribadi.

"Ini upaya kita mengurangi kepadatan akibat kendaraan besar di jalur lintas menuju lokasi wisata di Palabuhanratu dan sekitarnya sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan di kedua jalur tersebut," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi kepada detikcom, Rabu (15/5/2019).

Untuk kendaraan bus yang memang membawa penumpang tujuan Palabuhanratu Via Cikidang Nasriadi meminta untuk dialihkan ke kendaraan angkutan yang lebih kecil.

"Kami menghindari peristiwa kecelakaan yang pernah terjadi terulang lagi di jalur tersebut, untuk itu kami mengimbau untuk bus besar yang akan melalui jalur Cikidang agar berhenti di Parungkuda dan mengalihkan penumpangnya ke kendaraan kecil seperti angkot ini berlaku 7 hari sebelum hari raya lebaran," kata Nasriadi.

Kasatlantas AKP Galih Bayu menyebut pihaknya menyiapkan 600 personel untuk mengamankan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Jumlah itu nantinya akan ditambah dengan pasukan dari TNI Kodim 0622 Sukabumi dan instansi lainnya.

"Mengurangi kemacetan kota juga menyiapkan beberapa pos pengamanan atau Pos PAM. Salah satunya akan disiapkan di jalur keluar tol Bocimi untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan. Kemudian pos PAM wisata yaitu jalur menuju tempat wisata pantai serta Geopark yang menjadi salah satu sasaran utama wisatawan," tutur Galih.
(bbn/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed