DetikNews
Minggu 12 Mei 2019, 21:53 WIB

Data Bekasi Belum Masuk, Rekapitulasi KPU Jabar Diprediksi Molor

Mochamad Solehudin - detikNews
Data Bekasi Belum Masuk, Rekapitulasi KPU Jabar Diprediksi Molor Suasana rekapitulasi di KPU Jabar. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu Serentak 2019 KPU Jabar diprediksi molor. Sebab hingga Minggu (12/5/2019) malam, KPU Kabupaten Bekasi belum menyerahkan hasil rekapitulasi suaranya.

Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih menuturkan saat ini KPU Kabupaten Bekasi masih melakukan rapat pleno. Berdasarkan informasi yang diterimanya, KPU Kabupaten Bekasi masih menyelesaikan rekapitulasi suara untuk Kecamatan Tambun Selatan.

"Satu Kecamatan lagi Tambun Selatan, baru tadi beres sore. Sekarang lagi rekap di tingkat kabupaten," kata Nina di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung.


Berdasarkan aturan, kata nina, proses rekapitulasi suara tingkat provinsi harusnya selesai malam ini sesuai batas akhir yang telah ditetapkan KPU RI. Namun, pihaknya belum bisa memastikan hal itu bisa dilakukan.

Sebab, lanjut dia, sampai saat ini hasil rekapitulasi suara di Kabupaten Bekasi masih belum tiba. Sehingga ada kemungkinan rekapitulasi di KPU Jabar tidak bisa selesai sesuai dengan batas akhir yang ditetapkan.

"Targetnya kita selesai malam ini. Tapi saya masih melihat perkembangan apakah ini cukup waktu untuk bisa dilakukan malam ini. Apakah melebihi dari jam 12 malam berarti melebihi tanggal 12 Mei," ucapnya.


Nina menyatakan telah berkoordinasi dengan KPU RI terkait kemungkinan rekapitulasi KPU Jabar tidak selesai hari ini. Saat ini, pihaknya tengah menunggu surat edaran dari KPU RI terkait hal tersebut.

"Ketentuan hari ini terakhir, sehingga untuk mengantisipasi hal itu kami menunggu surat edaran KPU RI dengan perpanjangan rekapitulasi tingkat provinsi," katanya.

"Kita juga sudah berkomunikasi dengan KPU RI sejak siang tadi bahwa kemungkinan kita tidak cukup waktu untuk bisa merekap Kabupaten Bekasi dan mudah-mudahan itu bisa terbit," lanjut Nina.


Namun, jika hasil rekapitulasi suara kabupaten Bekasi bisa tiba sebelum pukul 12 malam maka proses rekapitulasi tingkat provinsi akan diupayakan selesai malam ini. "Mudah-mudahan KPU RI bisa memahami," ujarnya.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed