detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 13:32 WIB

Hasil Pileg Cimahi, PDIP Kehilangan 1 Kursi dan Jatah Ketua DPRD

Yudha Maulana - detikNews
Hasil Pileg Cimahi, PDIP Kehilangan 1 Kursi dan Jatah Ketua DPRD Logo PDI Perjuangan (ist)
Cimahi - PDI Perjuangan (PDIP) Kota Cimahi kehilangan satu kursi di DPRD Kota Cimahi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Partai berlambang kepala banteng itu diperkirakan hanya mendapatkan enam kursi dan kehilangan jatah ketua DPRD.

Dibandingkan dengan Pileg sebelumnya, PDIP meraih tujuh kursi dan jatah Ketua DPRD Cimahi di parlemen periode 2014 - 2019. "Kita dapat 6 (enam) kursi. Ya, banyak faktor, (salah satunya) karena partai kontestan bertambah," kata Ketua DPC PDIP Kota Cimahi Ajay M Priatna di Jalan Lurah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (10/5/2019).

Kendati demikian, ujar Ajay, pada Pileg 2019 ini salah satu kader dari Cimahi, yakni Ahmad Gunawan, lolos ke DPRD Jawa Barat. "Satu (kursi) ke provinsi," ucap Ajay yang juga menjabat sebagai wali kota Cimahi.

Ajay mengatakan akan mengevaluasi hasil pemilu serentak ini. "Pasti kita sama-sama evaluasi. Kita mencoba memperbaiki diri supaya ke depan kemenangan bisa kita raih," kata Ajay.

Kader PDIP, Ahmad Gunawan mengatakan, dari survei internal partai, pihaknya mendapatkan sekitar 8.000 suara di Kota Cimahi dan 13.000 suara di Kota Bandung.

"Saya juga masih menunggu penetapan dari KPU, namun memang hasil pileg ini di luar prediksi, karena PKS berada di urutan atas kemudian PDIP lalu Gerindra," kata Ahmad yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Cimahi itu melalui sambungan telepon.

Berdasarkan data dari form Model DB1-DPRD Kabupaten/Kota yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, ada enam Caleg yang memperoleh suara terbanyak dari PDIP Perjuangan di setiap Dapil di Kota Cimahi.

Keenam Caleg itu adalah Rus Rusnaya dari Dapil 1 dengan raihan 1.934 suara. Freddy Siagian Dapil 2 dengan raihan 828, Agung Yudaswara dari Dapil 3 dengan raihan 2.493 suara, Dadang Mulyana dari Dapil 4 dengan raihan 3.113 suara.

Kemudian Purwanto dari Dapil 5 dengan raihan 2.213 suara dan Iwan Setiawan dari Dapil 6 dengan raihan 1.230 suara.



Simak Juga 'Update Real Count Pilpres 2019!':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed