detikNews
Rabu 01 Mei 2019, 15:41 WIB

Aksi Vandalisme 'May Day is Come' Kotori Tugu Atlet di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Aksi Vandalisme May Day is Come Kotori Tugu Atlet di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kabupaten Ciamis terpantau sepi. Namun terjadi aksi vandalisme, coretan 'May Day Is Come' dan 'Nalarmu Merah' merusak keindahan Tugu Atlet 'Patung Si Obor' yang terletak di depan Stadion Galuh Jalan Cipto Mangungkusumo, Rabu (1/5/2019).

Coretan 'May Day Is Come' dan 'Nalarmu Merah' tersebut terpampang pada tembok di bawah Patung Si Obor. Coretan yang diduga menggunakan cat semprot warna putih dan emas itu dilakukan oleh orang tak dikenal yang tidak bertanggung jawab.

Tugu Atlet jadi sasaran vandalisme di Ciamis sudah yang kedua kalinya. Sebelumnya Ciamis terancam gagal meraih piala Adipura karena aksi vandalisme. Ditemukan tulisan dengan ukuran besar bertuliskan 'Hantu adalah kenangan'.
Aksi Vandalisme 'May Day is Come' Kotori Tugu Atlet di CiamisFoto: Dadang Hermansyah

Aksi vandalisme di Ciamis sudah cukup memprihatinkan. Beberapa titik sudut perkotaan Ciamis banyak ditemukan coretan-coretan. Sehingga membuat wilayah perkotaan Ciamis terkesan kumuh.

"Sejak pagi sudah ada coretan itu, gak tahu siapa yang buat itu. Sebaiknya segera dihapus, karena tak enak dilihatnya," ujar Yana, salahseorang warga saat ditemui sekitar lokasi Tugu Atlet tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis Oman Rohman sangat menyangkan aksi vandalisme terus terjadi di Ciamis. Karena aksi yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil tersebut sangat merusak keindahan perkotaan Ciamis.

Oman mengaku tak mengetahui pihak yang membuat coretan tersebut. Namun dilihat dari tulisannya kaitan dengan Hari Buruh tanggal 1 Mei. Oman mengimbau warga Ciamis agar menjaga dan memelihara lingkungan.

"Kami akan langsung segera membersihkan coretan itu," katanya.

Ketua Umum Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Petani Galuh Asri (Pedal Gas) Kabupaten Ciamis Noer JM mengecam tindakan Vandalisme tersebut.

"Kami perhatikan tindakan vandalisme semakin menjamur dan perhatian, dari pihak pemerintah bertindak tegas karena ini sangat merusak keindahan Ciamis," tegasnya.


Tonton juga video May Day, Buruh di Jabar Gelar Long March ke Gedung Sate:

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com