DetikNews
Senin 29 April 2019, 12:50 WIB

Longsor Putuskan Akses Warga dan Timbun Irigasi di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Longsor Putuskan Akses Warga dan Timbun Irigasi di Tasikmalaya Akses dua kecamatan di Tasikmalaya ini terputus akibat longsor. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Jalan penghubung Kecamatan Cigalontang dan Sariwangi di Tasikmalaya, Jawa Barat, putus total akibat longsor yang terjadi Minggu (28/4/19). Longsor dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut.

Selain memutus akses yang menghubungkan dua daerah tersebut, longsor menimbun saluran irigasi yang berlokasi di bawahnya. Irigasi yang tertimbun longsor itu berdampak pada puluhan hektare sawah di enam desa di Kecamatan Sariwangi yang terancam tidak memperoleh air.

"Longsor memutus akses jalan penghubung Cigalontan dan Sariwangi, menimbun pepohonan saluran irigasi," ujar Camat Sariwangi Herman, Senin (29/4/19).

Ruas jalan yang putus ini tidak dapat dilintasi kendaraan roda dua dan empat. Akibatnya, aktivitas keseharian warga menjadi terhambat. Mereka harus memutar lebih jauh 15 kilometer menuju pusat kota.

Meski berbahaya, sejumlah warga termasuk anak sekolah nekat melintasi tebing longsoran. Para bocah itu khawatir terlambat sekolah jika harus memutar arah.

"Kalau memutar jauh pak, saya lewat ini saja. Takut sih, tapi bagaimana lagi, terpaksa lewat bibir jurang yang longsor," ujar Cepi Ruhaqi, warga sekitar.

Longsor jalan juga mengancam lahan sawah warga di atasnya. Mereka berharap agar pemerintah segera turun tangan memperbaiki akses warga tersebut.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed