DetikNews
Jumat 26 April 2019, 11:58 WIB

Pergerakan Tanah di Sukabumi, 144 Orang Mengungsi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pergerakan Tanah di Sukabumi, 144 Orang Mengungsi Sejumlah warga mengungsi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sebanyak 144 orang berdomisili di Kampung Gunung Batu, RT 1 RW 22, dan RT 3/ RW 9, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terpaksa mengungsi lantaran terjadi pergerakan tanah di wilayahnya. Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menyebut saat ini Pemkab Sukabumi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah membuat tenda-tenda pengungsian dan dapur umum.

"Ada sebanyak 144 jiwa mengungsi sejak malam tadi. Kami sudah menyiapkan tenda pengungsian. Sebagian warga mengungsi ke kantor desa dan tetangganya. Kami siapkan dapur umum, WC dan pos layanan kesehatan, serta penyediaan air bersih," kata Iyos yang juga menjabat kepala BPBD Kabupaten Sukabumi melalui pesan singkat yang diterima detikcom, Jumat (26/4/2019).

Dia mengimbau warga untuk waspada dan segera meninggalkan rumah saat terjadi hujan pada sore menjelang malam. "Saat ini, kalau malam warga di pengungsian, sementara siang mereka beraktivitas. Imbauan kita tetap berikan untuk waspada melihat situasi ketika hujan turun," tutur Iyos.

Relawan dan petugas BPBD mengevakuasi warga menuju tenda pengungsian yang berjarak sekitar satu kilometer. "Tenda yang sudah berdiri ada tiga unit. Dapur umum sudah tersedia, siang ini makanan sudah bisa dibagikan kepada warga dan relawan yang saat ini berada di lokasi," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman.

Terkait status lokasi, Eka menjelaskan, hasil kajian BMKG dan Badan Geologi kawasan tersebut memang masuk ke zona merah. "Masuk zona merah dan kemungkinan akan dilakukan relokasi. Hanya saja warga berharap lokasinya nanti tidak terlalu jauh dengan posisi mereka tinggal saat ini," ucap Eka.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed