DetikNews
Kamis 25 April 2019, 14:24 WIB

Cek Situng: 2 TPS di Kota Cirebon Keliru Tulis Suara Sah Pilpres

Sudirman Wamad - detikNews
Cek Situng: 2 TPS di Kota Cirebon Keliru Tulis Suara Sah Pilpres Kesalahan data di TPS 06 Kelurahan Kejaksan, Kota Cirebon. (Foto: tangkapan layar Situng KPU)
Cirebon - Dua TPS di Kota Cirebon salah menulis data penghitungan suara Pilpres 2019. Berdasarkan tampilan scan formulir C1 pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU, kesalahan data itu terjadi di TPS 06 Kelurahan Kejaksan dan TPS 09 Kelurahan Drajat.

Di TPS 06 Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon itu terjadi kesalahan penjumlahan suara sah. Dalam formulir C1 perhitungan suara di TPS tersebut pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin berhasil meraih suara sebanyak 98, sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih suara 77.

Dalam formulir C1 menyebutkan total surat suara sah dari dua suara yang diraih dua pasangan capres itu sebanyak 173, seharusnya 98 ditambah 77 itu hasilnya 175. Imbasnya total surat suara tidak sah dan sah tidak sinkron.

Kemudian, kekeliruan input data juga terjadi di TPS 09 Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi. Pada scan C1 TPS 09 di Situng KPU menampilkan pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih suara sebanyak 117, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 118 suara. Namun, hasil penjumlahan suara sah tersebut keliru, hasilnya 232 suara. Harusnya, menjadi 235 suara. Hasil tersebut mempengaruhi penjumlahan surat suara sah dan tidak sah.
Cek Situng: 2 TPS di Kota Cirebon Keliru Tulis Data C1 PilpresKesalahan data di TPS 09 Kelurahan Drajat, Kota Cirebon. (Foto: tangkapan layar Situng KPU)
Divisi Teknis KPU Kota Cirebon Mardeko menyebutkan scan formulir C1 Pilpres yang tampil di Situng KPU itu memang belum diperbaiki. Dia memastikan kekeliruan data yang ada di TPS 06 Kelurahan Kejaksan sudah diperbaiki oleh petugas.

"Oh (kesalahan) yang itu, sudah-sudah diperbaiki. Waktu perbaikan itu disaksikan Panwascam, kejaksan dan saksi-saksi. Sudah clear, sudah dibawa ke tingkat kecamatan. Jadi sudah selesai," ucap Mardeko saat berbincang dengan detikcom di kantor KPU Kota Cirebon Jalan Palang Merah, Jabar, Kamis (25/4/2019.

Dia menjelaskan perbaikan data di TPS 06 Kelurahan Kejaksan itu dilakukan pada saat rekap data di tingkat kelurahan.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kekeliruan yang terjadi di TPS 09 Kelurahan Drajat belum ada laporan pasti. Sebab, kata Mardeko, proses rekapitulasi di tingkat kelurahan masih berjalan.

"Proses rekapitulasi di Kelurahan Drajat masih berjalan, ya masuk Kecamatan Kesambi. Selalu akan dilakukan perbaikan atas data C1 yg ditulis oleh KPPS, disaksikan oleh saksi dan Panwascam," ucapnya.

Menurut Mardeko, kekeliruan atau salah input data itu terjadi lantaran petugas mengalami kelelahan. "Yang sudah selesai itu Kecamatan Kejaksan dan Pekalipan, yang belum masih tiga kecamatan lagi. Jadi proses masih berjalan, pasti ada perbaikan data," tutur Mardeko.


Simak Juga "Tim IT BPN Tuding Ada Penyusup di Situng KPU":

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed