DetikNews
Rabu 24 April 2019, 22:26 WIB

Soal Pelantikan Sekda, Benny akan Gugat Wali Kota Bandung Oded

Yudha Maulana - detikNews
Soal Pelantikan Sekda, Benny akan Gugat Wali Kota Bandung Oded Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Benny Bachtiar akan menggugat Wali Kota Bandung Oded M Danial ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) berkaitan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung.

Benny yang menjabat sebagai Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi ini mengklaim lulus dalam lelang jabatan yang digelar Pemkot Bandung. Bahkan, ia telah mengantongi surat rekomendasi pelantikan dari Kemendagri, KASN dan Gubernur Jawa Barat. Namun jabatan sekda Kota Bandung dipercayakan kepada Ema Sumarna.

"Saya akan menggugat Oded ke PTUN soal keputusannya (pelantikan Sekda). Memilih saya itu sebenarnya Mang Oded, kalau ada anggapan saya dipilih Ridwan Kamil itu salah. Karena Kang Emil bilang yang akan menggunakan Sekda adalah wali kota," kata Benny saat dihubungi detikcom, Rabu (24/4/2019).
Benny merasa kecewa ketika Oded mengumumkan hasil open bidding yang menempatkan Emma Sumarna sebagai sekda. "Saya tidak pernah menyebutkan setuju ketika Pak Oded menghubungi saya. Saya hanya bilang hati-hati pak," ujarnya.

Menurut Benny, alasan Oded menunjuk Emma bukan lantaran tidak disukai oleh aparatur sipil negara (ASN) dan fraksi partai politik yang berada di lingkungan Kota Bandung. "Padahal tidak begitu, ASN juga ada yang mendukung saya, fraksi juga dan LSM mendukung saya," kata Benny.

Menurut Benny, hal ini bukan soal jabatan. Namun soal kepercayaan dirinya kepada Oded. Sebab, ia telah mengikuti seleksi sesuai dengan amanat UU ASN Nomor 5 Tahun 2014. "Sekarang saya jadi sedikit bingung, legalitas sekda sekarang bagaimana, karena rekomendasi ada di saya," ucapnya.

Dalam waktu dekat Benny akan melayangkan gugatannya tersebut. "Ya secepatnya, saya akan kabari," kata Benny.

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed