DetikNews
Rabu 24 April 2019, 15:02 WIB

2 Faktor Kemungkinan 19 Bocah Garut Kecanduan Seks Menyimpang

Hakim Ghani - detikNews
2 Faktor Kemungkinan 19 Bocah Garut Kecanduan Seks Menyimpang Ilustrasi (Foto: Andhika Akbarayansyah)
Garut - 19 orang bocah asal Garut kecanduan seks menyimpang gara-gara sering nonton video porno. Mereka terpapar dampak buruk karena menjadi pelaku sekaligus korban.

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Jawa Barat menilai ada dua faktor kemungkinan yang menyebabkan puluhan bocah berperilaku tersebut.
Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Komnas PA Jabar AR Enggang menuturkan hal pertama yang pihaknya curigai adalah adanya seseorang dewasa yang menjadi dalang di balik penyimpangan perilaku seksual anak-anak itu.

"Saya pikir banyak kemungkinan. Bisa jadi ada yang menyuruh. Kalau ada yang nyuruh berarti ada aktor intelektual di balik ini, atau by order, atau ada yang pesan," kata Enggang di kampus STH Garut, Jalan Suherman, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (24/4/2019).

Jika hal tersebut terjadi, pihaknya mengecam keras. Sebab, sambung Enggang, anak dilarang keras dijadikan objek eksploitasi.

"Anak itu tidak boleh sama sekali dijadikan objek eksploitasi. Itu tidak boleh," ucapnya.
Selain menduga adanya indikasi dalang di balik perilaku menyimpang para bocah, Komnas PA juga memiliki analisis lain. Para bocah itu diduga kuat hanya mengimplementasikan apa yang mereka lihat dari tayangan video orang dewasa.

"Kalau misalnya ini simulasi ya bisa saja. Karena analisa saya juga lebih mengarah ke situ. Ini bisa dilihat dari konteks komunikasi mereka dengan teman-temannya yang sama-sama melakukan itu," tutur Enggang.

Di kampung tempat tinggal itu ada 34 anak berusia rata-rata di bawah 12 tahun. 19 bocah di antaranya diketahui sudah pernah melakukan seks menyimpang. Sementara 15 bocah lainnya hanya mengetahui dan hendak mencoba kegiatan seks menyimpang tersebut.

Kini 19 bocah tersebut tengah dalam penanganan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreksrim Polres Garut dan Komnas PA Jabar.

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed