DetikNews
Rabu 24 April 2019, 14:26 WIB

Cek Situng: TPS 03 Bagoang Jasinga Bogor, Suara Jokowi Tambah 100

Erna Mardiana - detikNews
Cek Situng: TPS 03 Bagoang Jasinga Bogor, Suara Jokowi Tambah 100 Foto: Rifkianto Nugroho
Bandung - Kembali ditemukan kesalahan pada Sistem Informasi Hitung (Situng) KPU. Di TPS 03 Desa Bagoang (sebelumnya tertulus Bagaong-red), Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, suara pasangan Jokowi-Ma'ruf bertambah 100.

Kesalahan input data ini ramai dibahas di media sosial. "Ijin lapor min @KPU_ID, Rabu 24 April 2019 , Pkl 07.50 waktu kota daeng , untuk kesekian kalinya SEPERTI BIASA suara 01 dapat tambahan 100 lagi di 79 jadi 179 .. tolong direvisi , kami pantau kalian Prov Jawa barat-Bogor - Jasinga-Bagoang- TPS 03," kicau akun @abdulrachim.

Detikcom coba mengecek situs real count KPU Rabu (24/4/2019), pukul 14.15 WIB. Dari hasil penelusuran, ternyata memang benar terjadi kesalahan input data.

Di website KPU, tertulis pasangan Jokowi-Ma'ruf tercatat mendapatkan 179 suara dan Prabowo Sandi 108 suara. Tercatat pengguna hak pilih 195 orang, dengan suara sah 187 dan tidak sah 6 orang.

Sementara dilihat dari salinan formulir C1 yang ditampilkan, Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh 79 suara dan Prabowo-Sandi 108 suara. Sedangkan data jumlah pengguna hak pilih maupun suara sah dan tidak sah di laman website dan C1 sesuai.

Di akhir laman KPU memberikan disclaimer. Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara merupakan data berdasarkan angka yang tercantum dalam Salinan Formulir C1 sebagai Hasil Penghitungan Suara di TPS.

Jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dengan angka yang tercantum dalam salinan Formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Ini bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan. Oleh karena itu jika terdapat kesalahan dalam pengisian C1 dapat diusulkan perbaikan pada rapat rekapitulasi di tingkat kecamatan.


Simak Juga "Tim IT BPN Tuding Ada Penyusup di Situng KPU":

[Gambas:Video 20detik]





(ern/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed