DetikNews
Senin 22 April 2019, 11:56 WIB

34.862 Siswa SMP di Kota Bandung Ikuti UNBK

Mochamad Solehudin - detikNews
34.862 Siswa SMP di Kota Bandung Ikuti UNBK UNBK SMP di Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/deetikcom)
Bandung - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dimulai hari ini, Senin (22/4/2019). Di Kota Bandung ada sebanyak 34.862 siswa yang mengikuti ujian tersebut.

Pagi tadi, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memantau secara langsung pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 14 Kota Bandung. Dia memastikan pelaksanaan UNBK SMP di hari pertama berjalan lancar.

"Kami monitoring pelaksanaan UNBK tingkat SMP. Jadi kita ingin meyakinkan saja pelaksanaannya di hari pertama berjalan lancar sesuai harapan," kata Yana.
Dia mengungkapkan jumlah peserta UNBK SMP di Kota Bandung ada sebanyak 34.862 siswa dari 249 sekolah negeri dan swasta. Dari 249 sekolah, masih ada 34 SMP atau 13,65 persen yang bergabung dengan sekolah lain untuk melaksanakan ujian.

Sementara 215 SMP atau 86,35 persen sudah melaksanakan UNBK secara mandiri. Namun, Yana memastikan semua SMP di Kota Bandung telah menggelar ujian berbasis komputer.

"Tingkat SMP sudah 100 persen berbasis komputer meski ada yang masih harus melaksanakan dalam tiga sif dan dua sif," ucapnya.
Dia berharap pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Kota Bandung akan jauh lebih baik. Sejumlah kekurangan yang ada di tahun ini akan diperbaikinya sehingga pelaksanaan ujian akan jauh lebih maksimal.

"Ke depan akan kita tingkatkan. Dari tadinya yang menggelar ujian tiga sif menjadi dua sif, dan yang dua sif jadi satu sif," ujar Yana.

USBN SD

Yana menambahkan, selain menggelar UNBK SMP pada hari ini juga digelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat sekolah dasar (SD). Di Kota Bandung ada sebanyak 38.433 peserta ujian dari 480 SD negeri dan swasta.

"Kita juga monitoring pelaksanaan USBN SD. Saat ini masih belum berbasis komputer, harapannya ke depan juga berbasis komputer," tuturnya.

Dia juga memastikan pelaksanaan USBN di hari pertama berjalan lancar. Pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan persiapan dengan matang. "Kita persiapan secara maksimal," kata Yana.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed