DetikNews
Minggu 21 April 2019, 11:09 WIB

Jokowi Menang Versi Quick Count, Warga Cimaragas Ciamis 'Ngubyag' Ikan

Dadang Hermansyah - detikNews
Jokowi Menang Versi Quick Count, Warga Cimaragas Ciamis Ngubyag Ikan Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Syukuran kemenangan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin versi quick count, ratusan warga Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tumpah ruah menangkap ikan dengan tangan kosong di kolam dalam acara 'Ngubyag', Minggu (21/4/2019).

Terlihat warga beragam umur antusias menangkap ikan dengan tangan kosong. Penyelenggara menebar ikan mas dan lele sebanyak 5 kuintal.

'Ngubyag' ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga pasca selesainya pesta demokrasi lima tahunan. Kegiatan ini diikuti seluruh warga tanpa membedakan dukungan, karena Pemilu dan Pilpres telah berakhir.

Simpatisan nomor urut 1 Jokowi-Ma'ruf Amin, Undang Sudrajat mengatakan di Cimaragas, Ciamis ini dari 18 TPS, Jokowi-Ma'ruf unggul di 11 TPS.

"Ini momen untuk menyatukan masyarakat kembali. Acara syukuran ini terbuka tanpa membedakan pilihan, semua tumpah ruah. Kenapa dipilih Ngubyag? Karena di sini kawasan perikanan, banyak warga budidaya ikan," ujar Undang saat ditemui di pinggir kolam.

Kata dia, syukuran ini sebagai keyakinannya atas kemenangan Jokowi berdasarkan hasil quick count. Menurut Undang, meski saat ini terjadi saling klaim, itu hanya soal persepsi.

"Kalaupun kemenangan yang sesungguhnya ditentukan oleh real count KPU, namun hasil quick count 12 lembaga survei sudah bisa memberikan keyakinan akan kemenangan Jokowi," ungkapnya.
Jokowi Menang Versi Quick Count, Warga Cimaragas Ciamis 'Ngubyag' IkanFoto: Dadang Hermansyah

Undang menjelaskan, quick count merupakanb produk ilmiah didasarkan pada ilmu statistik yang susah terbantahkan. Merujuk pada Pemilu sebelumnya, hasil quick count tak jauh berbeda dengan hasil real count KPU.

"Pro kontra di media sosial diharapkan semua pihak menahan diri. Kalau pun ada tuduhan kecurangan tolong tunjukkan di mana kecurangannya. Mari mulai mengawasi di TPS masing-masing karena semua saksi dan masyarakat ikut mengawasi," pungkasnya.

Salah seorang warga, Dudung, mengaku senang bisa ikut acara Ngubyag tersebut. Menurutnya, Ngubyag biasa digelar setiap agustusan atau saat lebaran. Namun kali ini dalam rangka syukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Senang, bisa berbaur dengan warga lain cari ikan dengan tangan, biasanya sulit tapi ikan yang di tanam banyak jadi cukup mudah menangkapnya," pungkasnya.


Catat! Quick Count dan Exit Poll Bukan Tipu-tipu, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed