DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 15:42 WIB

Menengok Saminem, 'Kartini' Penjual Cilok Asal Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Menengok Saminem, Kartini Penjual Cilok Asal Sukabumi Saminem sosok 'Kartini' asal Sukabumi yang berjuang untuk keluarga. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Masih ingat dengan Saminem (50) perempuan asal Sukabumi yang menafkahi keluarganya dengan berjualan cilok? Saminem kini telah menjadi jutawan setelah banyak relawan yang berdatangan membantunya. Bahkan dari salah satu donasi, Saminem mendapat bantuan lebih dari 250 juta.


Dari uang bantuan itu Saminem kini telah merenovasi rumahnya. Selama kisahnya viral, Saminem mendapat bantuan donasi hampir Rp 400 juta. Meskipun begitu Saminem tetap berjualan cilok dengan gerobak.

"Saya tidak menyangka banyak yang peduli kepada saya. Mudah-mudahan yang sudah membantu dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT," ucap Saminem saat ditemui detikcom di kediamannya Kampung Cikukulu, RT 07 RW 02, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2019).

Sebelum seperti saat ini, Saminem berjualan cilok dengan cara dipikul. Setelah mendapat bantuan Saminem membuat roda dorong, sehingga tidak ada lagi keluhan sakit di bagian pundaknya.

"Masih kuat berjualan, bapak masih di rumah karena keadaannya belum sehat benar. Kasihan langganan kalau saya tidak berjualan. Harapannya nanti biar bisa berkembang," ujarnya.


Menurut Saminem seluruh uang bantuan dia gunakan untuk berobat Lili Suhaeli (60) suaminya yang diketahui mengidap stroke, merenovasi rumah dan modal untuk membeli bahan baku cilok.

"Saya pakai untuk berobat suami sebagian, pakai renovasi rumah dan modal. Ketika uang datang saya juga kaget, tahu-tahu katanya banyak yang peduli kepada saya," ujarnya.
Menengok Saminem, 'Kartini' Penjual Cilok Jutawan Asal Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah
Saminem adalah sosok Kartini untuk suami dan dua putrinya. Kehidupan keras dia jalani dengan ikhlas demi keberlangsungan keluarganya. Meskipun sudah memperoleh banyak bantuan, Saminem tetap menjadi dirinya yang dulu, rendah hati, santun dan tetap gigih mencari rezeki.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed