DetikNews
Jumat 19 April 2019, 13:29 WIB

Warga Berempati untuk Nabila Bocah Pemulung

Yudha Maulana - detikNews
Warga Berempati untuk Nabila Bocah Pemulung Nabila bocah pemulung di Bandung Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Tak biasanya Kampung Cibodas, Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mendadak ramai didatangi ratusan orang. Hujan gerimis tak menyurutkan niat mereka untuk bertemu dengan Nabila.

Bocah perempuan berusia 12 tahun itu mendadak menjadi perhatian netizen setelah kisahnya menjadi viral di media sosial. Murid SDN Panguban itu lantang melawan perundungan. Tuturan kisahnya yang mengunggah hati.
Nabila dibesarkan oleh kakek dan neneknya, orang tuanya telah berpisah saat ia berusia 40 hari. Untuk membeli perlengkapan sekolah, Nabila menjadi pemulung rongsokan.

"Ayah kadang tiga bulan sekali datang ke rumah, tapi sekarang udah enggak pernah kelihatan, itu juga (kalau datang) hanya sebentar. Kalau ibu di Kalimantan menjadi penyanyi dan enggak pernah ke sini," ujar Nabila kepada detikcom, belum lama ini.

Dalam sepekan Nabila bisa mengumpulkan Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu dari hasil memulung sepulang sekolah. Terkadang ia mendapatkan makanan dan pakaian dari tetangganya yang iba.
Cerita Nabila Bocah Pemulung yang Mengundang Simpatik WargaSepatu milik Nabila. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Suatu ketika ia berhasil mengumpulkan Rp 80 ribu, kemudian ia belikan sepatu sekolah seharga Rp 60 ribu. Sisanya, Rp 20 ribu, Nabila berikan pada kakek-neneknya.

Namun, pada 6 April 2019, seorang temannya menduduki sepatu milik Nabila. Ia marah kepada teman-temannya yang malah merundungnya balik, kejadian itu terekam oleh kamera ponsel.

"Sepatu aku didudukin teman, ya aku marah (karena beli dari hasil memulung). Aku enggak ingin diganti (sepatunya), cuma ingin teman minta maaf, itu aja," ujar Nabila.
Dua minggu kemudian, seseorang menyebarkan video tersebut di media sosial. Reaksi Nabila dan tuturan soal kehidupannya membuat warga dan komunitas berempati. Banjir bantuan pun datang menghampiri.

Salah satu akun donasi terbuka di kitabisa.com, Ahmad Suhendar, berhasil mengumpulkan Rp 378.235.618 dari 5.847 donatur.

Cerita Nabila Bocah Pemulung yang Mengundang Simpatik WargaSejumlah warga dan komunitas berempati kepada Nabila. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Sejumlah pejabat wilayah berdatangan menemui Nabila. Berbagai komunitas tergerak untuk memberikan bantuan bagi Nabila.

Satu yang paling menyita perhatian adalah artis layar lebar, Susan Sameh. Kehadirannya membuat warga sekitar penasaran. "Sabar dan kamu harus kuat ya sayang," ujar Susan kepada Nabila.

Senyum Nabila kini kembali merekah. Tangisannya di dalam video berubah jadi kebahagiaan lewat kepedulian yang datang.

"Rencananya bantuan ini akan digunakan untuk masa depan, alhamdulillah terima kasih untuk semuanya," ujar Cece, kakek Nabila saat ditemui detikcom, belum lama ini.


Ini Nabila, Bocah Pemulung yang Viral dan Sepatu Hasil 'Keringatnya',Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed