DetikNews
Jumat 19 April 2019, 12:55 WIB

12 TPS di Jabar Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

Mochamad Solehudin - detikNews
12 TPS di Jabar Gelar Pemungutan Suara Lanjutan Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - KPU mencatat sebanyak 12 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga daerah Jawa Barat akan menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL) Pemilu 2019. Jumlah tersebut bertambah dari asalnya hanya delapan TPS.

Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok menjelaskan TPS melaksanakan PSL berlokasi di Kabupaten Cianjur 5 TPS, Kabupaten Subang 1 dan Kota Bekasi 6.

"PLS di 3 daerah ini karena ada kendala saat hari pencoblosan. Seperti kurangnya surat suara atau ada juga yang tertukar. Total ada 12 TPS," kata Rifqi di kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Jumat (19/4/2019).


Menurut dia, pelaksanaan PSL di Kabupaten Cianjur rencananya digelar pada Sabtu (20/4/2019) besok. Di Cianjur ada 5 TPS yang akan melakukan PSL untuk pemilihan DPRD Kabupaten saja.

"Untuk PSL Cianjur akan dilakukan besok di lima TPS karena surat suara tertukar khusus DPRD Kabupatennya," ucapnya.

Sementara di Kota Bekasi, PSL berlangsung pada Minggu (21/4/2019). Di daerah tersebut ada 4 TPS melakukan pemilihan untuk DPRD Provinsi, 1 TPS untuk pemilihan DPD dan satu untuk pemilihan presiden.

"Subang juga akan digelar Minggu dengan PSL untuk pemilihan DPRD kabupaten," ucap Rifqi.


Saat ini, dia menambahkan, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk pelaksanaan PSL. Pihaknya juga mengaku sudah menerima kebutuhan logistik dari KPU RI untuk keperluan PSL.

"Hari ini coba kita distribusikan dan melakukan kordinasi kesiapan untuk PSL," katanya.

Soal daerah yang harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU), Rifqi mengaku masih mengkaji hal tersebut. Karena pihaknya belum menerima rekomendasi dari Bawaslu Jabar untuk pelaksanaan PSU.

"Sampai saat ini belum terima surat resmi. Untuk itu kita akan koordinasi dengan Bawaslu Jabar. Supaya memang betul-betul alasan PSU karena faktor alasan sesuai dengan aturan," ujar Rifqi.


Simak Juga 'KPU Catat 2.249 TPS Bermasalah di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed