DetikNews
Kamis 18 April 2019, 18:16 WIB

Bawaslu Cirebon Selidiki Surat Suara Hilang di TPS Kalijaga

Sudirman Wamad - detikNews
Bawaslu Cirebon Selidiki Surat Suara Hilang di TPS Kalijaga Pencoblosan di TPS 07 Cirebon sempat terhambat karena surat dan kotak suara Pilpres 2019 hilang. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Kotak dan surat suara Pilpres 2019 di TPS 07 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jabar raib sebelum pelaksanaan pencoblosan kemarin. Hingga hari ini, kotak dan surat suara yang hilang keberadaannya masih misterius. Bawaslu Kota Cirebon kini sedang menyelidiki kasus tersebut.

"Saat ini kami menunggu laporan temuan dari Panwaslu Kecamatan Harjamukti terkait hal itu (kotak dan surat suara hilang). Yang jelas kami akan menindaklanjuti masalah itu, tentu sesuai dengan peraturan bawaslu," kata Ketua Bawaslu Kota Cirebon Mohamad Joharudin kepada detikcom via sambungan telepon, Kamis (18/4/2019).


Lebih lanjut, Joharudin menyebutkan pihaknya memiliki waktu selama tujuh hari kerja untuk menindaklanjuti kasus tersebut. Pihaknya akan melakukan investigasi ketika sudah menerima laporan terkait kotak dan surat suara hilang.

"Nanti kita investigasi, ada tidaknya unsur pelanggaran dalam kasus ini. Kalau ada, nanti kita akan tindak lanjuti. Saat ini kami masih menunggu laporan," katanya.


Seperti diberitakan sebelumnya, pelaksanaan pencoblosan di TPS 07 Kelurahan Kalijaga sempat tertunda karena hilangnya kotak dan surat suara pilpres. Proses pencoblosan dilakukan kembali setelah TPS 07 menerima kotak dan suara pengganti dari TPS sekitar.

"Akhirnya petugas menyampaikan kepada kami tentang solusi kejadian itu. KPPS berkoordinasi dengan TPS yang di sekitarnya untuk mengambil surat suara lebih," ucap Joharudin kepada awak media kemarin.

Joharudin menyebutkan sempat terjadi antrean panjang hingga pukul 11.30 WIB karena kotak dan surat suara hilang. Bawaslu merekomendasikan agar pihak TPS tetap menerima pendaftaran pemilihan dengan syarat tetap melampirkan formulir C6.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed