DetikNews
Kamis 18 April 2019, 16:55 WIB

Jokowi Kalah di Jabar, Ridwan Kamil: Kami Sudah Bekerja Keras

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jokowi Kalah di Jabar, Ridwan Kamil: Kami Sudah Bekerja Keras Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Pasangan Jokowi-Ma'ruf kalah dari Prabowo-Sandi di Jawa Barat menurut hasil quick count berbagai lembaga survei. Ridwan Kamil sebagai Ketua Dewan Pengarah TKD menyatakan tim sudah bekerja keras mendongkrak elektabilitas Ridwan Kamil.

"Ini menandakan kerja keras selama empat tahun pun tidak berbanding lurus dengan elektabilitas. Karena yang namanya demokrasi itu kesukaan. Kesukaan orang itu kadang tidak bisa diteorikan," ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya Pilpres tahun ini tak berbeda dengan tahun 2014. Saat itu, Prabowo-Hatta unggul 59,78 persen dari Jokowi-JK yang mendapat 40,22 persen suara.

"Jokowi tetap kalah di barat-barat. Sumatera Barat, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Kuat di Jawa Tengah, Jawa Timur, menang di Jakarta, kalah di Banten. Yang membedakan cerita persentasenya," kata Emil.

Gubernur Jabar ini mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab kekalahan dua kali Jokowi. Pihaknya menunggu hasil penghitungan dari KPU.

Ketika disinggung sudah melapor hasil pilpres di Jabar kepada Jokowi, Emil mengaku belum saatnya.

"Enggak (lapor Jokowi), belum ada urgensinya. Apa yang perlu disampaikan kan perlu dihitung, menunggu hasil (KPU) saja. Kalau disebut kalah ya kalah, tapi apakah sama menipis menguat saya belum bisa ambil kesimpulan," ujar Emil.



Tonton juga video Menko Polhukam, TNI dan Polri Gelar Rakorsus Pasca-Pemilu:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/err)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed