DetikNews
Senin 15 April 2019, 12:06 WIB

Kawal Ribuan TPS di Cimahi-KBB, Polisi dan Tentara Bidik Perusuh

Yudha Maulana - detikNews
Kawal Ribuan TPS di Cimahi-KBB, Polisi dan Tentara Bidik Perusuh Personel gabungan Polri-TNI siap menjaga ribuan TPS Pemilu 2019 yang tersebar di Kota Ciamhi dan Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cima - Sebanyak 1.700 aparat keamanan siap mengawal jalannya Pileg dan Pilpres 2019 di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi. Personel gabungan Polri-TNI ini menjaga ribuan TPS yang tersebar di dua daerah tersebut.


Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana ribuan personel itu terdiri dari 862 personel dari Polres Cimahi, BKO 500 personel TNI, BKO Polda Jabar 311 personel, BKO dari Satbrimob 2 pleton dan BKO satu SSK dari Sabhara Polda.

"Dua personel mengamankan 20 TPS yan kategorinya kurang rawan, tapi kami juga dibantu satuan atas dan TNI, pemerintah daerah, Linmas dan kami dibantu Bawaslu juga untuk pengamanan TPS," ujar Rusdy usai gelar apel pengerahan pasukan di Lapangan Rajawali, Cimahi, Jawa Barat, Senin (15/4/2019).

Rusdy menugaskan kepada personel TNI-Polri untuk mengantisipasi keributan dan membidik pengacau atau perusuh yang mengganggu jalannya pemilu. "Kami akan melakukan tindakan tegas dan terukur (kepada perusuh), dibantu TNI. Kita akan lakukan pengamanan pemungutan suara, tidak hanya pada hari H saja," ucap Rusdy.


Ketua KPU KBB Adi Saputro mengatakan distribusi logistik pemilu telah hampir selesai, termasuk ke daerah perbatasan KBB-Cianjur di Rongga dan Gunung Halu. "Surat suara yang kurang 20 ribu juga sudah mendapatkan penggantian," kata Adi.

Pihaknya mengimbau agar warga tidak membawa ponsel, senjata tajam, rokok dan benda lainnya yang berpotensi merusak surat suara atau membocorkan prinsip pemilu yang langsung dan rahasia. Di KBB tercatat 5.088 TPS dan Cimahi 1.572 TPS.

Dandim 0609 Letkol Arh Teguh Waluyo mengatakan siap membantu Polri mengamankan jalannya Pemilu, baik di daerah rawan bencana sekali pun. "Kami berharap masyarakat tetap antusias mengikuti pemilu, kami juga mengimbau kepada petugas TPS untuk menggeser lokasi (TPS) ke wilayah yang lebih aman," ujar Teguh.



Saksikan juga video '38.000 Personel TNI-Polri Amankan Pemilu di Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed