detikNews
Senin 25 Maret 2019, 12:22 WIB

Sebanyak 323.504 Siswa SMK di Jabar Ikuti UNBK

Mochamad Solehudin - detikNews
Sebanyak 323.504 Siswa SMK di Jabar Ikuti UNBK Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK dimulai Senin (25/3) hari ini. Di Jawa Barat sebanyak 323.504 siswa SMK mengikuti ujian tersebut.

"Sekarang itu jumlah peserta (UNBK) sebanyak 323.504 siswa dari 2.813 SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika, saat dihubungi, Senin (25/3/2019).

Dewi menyebut, pada tahun ini sudah semua SMK telah melaksanakan UNBK. Meski begitu, masih ada beberapa sekolah yang harus membagi beberapa sesi ujian. Mulai dari satu sesi, dua sesi sampai tiga sesi.

"Alhamdulillah sekarang (UNBK) sudah 100 persen. Walau ada sekolah yang membagi dua sesi dalam ujiannya," kata dia.

Disinggung mengenai kendala dalam pelaksanaan UNBK di hari pertama, sejauh ini Dewi menyatakan belum menerima laporan. Namun pihaknya akan melakukan evaluasi pada sore hari nanti.

"Sejauh ini berjalan lancar. Tapi nanti sore kita akan evaluasi. Karena laporan itu berjenjang," ujarnya.

Sementara itu, pantauan di SMKN 1 Bandung, Senin (25/3), UNBK dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Di sekolah kejuruan ini UNBK dilaksnakan dalam dua sesi dengan menggunakan tujuh laboratorium.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMKN 1 Yosi Andriani menuturkan, ada sebanyak 427 siswa yang mengikuti ujian dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari jumlah tersebut sebanyak 23 siswa laki-laki.

"Jumlah peserta ada 427 siswa. Sebanyak 23 siswa laki-laki dan sisanya siswi," ucapnya, saat ditemui di lokasi.

Dia juga menyatakan, pada tahun ini pihaknya menggelar UNBK pada dua sesi. Sesi pertama dimulai sekitar pukul 08.00 WIB-09.30 WIB dan sesi kedua mulai 10.30 WIB-12.00 WIB.

"Kalau tahun lalu itu kita ada 3 sesi sekarang jadi dua sesi dengan menggunakan tujuh laboratorium," katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan UNBK di hari pertama. "Untuk UNBK (hari pertama) sejauh ini tidak ada kendala," ujarnya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed