DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 16:19 WIB

Lindungi 2,5 Juta Warga Bandung, Damkar Kekurangan Ratusan Personel

Tri Ispranoto - detikNews
Lindungi 2,5 Juta Warga Bandung, Damkar Kekurangan Ratusan Personel Personel Damkar Kota Bandung. (Foto: dok.Humas Pemkot Bandung)
Bandung - Di tengah beban kerja yang tinggi, rupanya jumlah anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Bandung masih jauh dari ideal. Terlebih di Bandung, Damkar merangkap tugas untuk urusan kebencanaan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan akan terus memperhatikan dan memperjuangkan agar jumlah anggota yang bertugas di Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) bisa ideal. Bahkan secara khusus ia sudah memerintahkan Plt Sekda Kota Bandung Ema Sumarna terkait itu.

"Saya sudah instruksikan agar secepatnya membuat analisis beban kerja di semua OPD. Kalau ada yang surplus, lebih beban kerjanya, kita akan sebar ke OPD lain termasuk Diskar PB," ujar Oded usai menghadiri HUT Damkar Tingkat Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).


Kadiskar PB Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan tugas yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan kebakaran. Tapi kebencanaan, ancaman keselamatan hingga penyelamatan hewan.

Sehingga, kata Ferdi, diperlukan keterampilan dan kekuatan lebih untuk masuk bagian dari Diskar PB Kota Bandung. "Kebetulan saya ketua Tarung Derajat Kota Bandung. Jadi ada atlet berprestasi minat gabung, silakan. Karena kemampuan itu diperlukan, bukan untuk melukai tapi bekal elastisitas tubuh dan stamina saat tugas di lapangan," katanya.

Saat ini, kata Ferdi, di tengah beban kerja yang tinggi jumlah anggota yang ada jauh dari kata ideal. Setidaknya untuk Kota Bandung dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 juta jiwa dibutuhkan minimal 600 personel.

"Berdasarkan indikator paling tidak kita itu 600 (personel), tapi sekarang hanya 220. Harapannya ditambah berdasarkan kemampuan anggaran. Faktanya makin maju negara atau kota, maka semakin dekat dengan potensi kebencanaan dan kebakaran," tutur Ferdi.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed