detikNews
Selasa 05 Maret 2019, 15:14 WIB

Jalan Peundeuy di Garut yang Mirip 'Sungai Kering' Segera Diperbaiki

Hakim Ghani - detikNews
Jalan Peundeuy di Garut yang Mirip Sungai Kering Segera Diperbaiki Foto: Hakim Ghani
Garut - Belasan tahun warga Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, tersiksa lantaran akses jalan di wilayah mereka rusak parah. Warga bahkan menyebut jalanan di kawasan itu mirip sungai yang kering.

Kondisinya sangat memprihatinkan. Kontur jalannya tidak rata dengan bebatuan berukuran kecil hingga besar. Jalanan ini sangat sulit dilalui kala musim hujan, karena tanah berubah menjadi lumpur.

Jalan Peundey sepanjang 7 kilometer itu merupakan akses utama penghubung Kecamatan Peundeuy dan Kecamatan Cibalong. Kondisinya memprihatinkan karena sudah hampir 18 tahun tidak diperbaiki.

"Dari 2001 belum diperbaiki. Jalannya sudah seperti susukan saat (sungai kering)," ujar salah seorang warga Hani (34), kepada wartawan di Jalan Peundeuy, Selasa (05/03/2019).

Warga kerap susah payah melewati jalur ini. Bahkan kendaraan elf yang biasa melintas mengantar warga sesekali harus diderek secara manual lantaran tak mampu melintasi jalan yang berada di tebing pegunungan ini.

"Makanya ongkos elf mahal. Bisa sampai Rp 35 ribu," katanya.

Jalan Peundeuy di Garut yang Mirip 'Sungai Kering' Segera DiperbaikiFoto: Hakim Ghani


Jalan itu kini jadi perhatian khusus Pemkab Garut. Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan keprihatinannya dan akan segera memperbaiki jalan tahun ini.

"Saya betul-betul berempati pada warga di Maroko (Cibalong) dan Peundeuy. Tahun ini akan kami selesaikan perbaikan jalannya," ucap Helmi kepada wartawan di lokasi yang sama, hari ini.

Helmi menargetkan perbaikan Jalan Peundeuy-Cibalong rampung tahun ini. Dengan diperbaikinya jalan ini, Helmi berharap perekonomian masyarakat semakin berjalan mudah.

"Biar warga enak, enggak capek lagi kalau lewat sini," pungkas Helmi.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed