DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 15:02 WIB

Kutuk Kades Tak Pro Jokowi, Acep Ngaku Bicara Sebagai Tim Pemenangan

Sudirman Wamad - detikNews
Kutuk Kades Tak Pro Jokowi, Acep Ngaku Bicara Sebagai Tim Pemenangan Bupati Kuningan Acep Purnama dan Komisioner Bawaslu Kuningan Abdul Jalil Hermawan/ Foto: Sudirman Wamad
Kuningan - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memanggil Bupati Kuningan Acep Purnama terkait ucapannya yang melaknat kepala desa (kades) yang tak mendukung Jokowi saat menghadiri deklarasi Tim Akar Rumput-Kabupaten Kuningan.

Bawaslu meminta klarifikasi terhadap Acep yang hadir dalam acara tersebut. Acep dicecar tujuh pertanyaan saat dimintai klarifikasi oleh Bawaslu. Salahsatunya, apakah Acep hadir sebagai Bupati Kuningan atau atas nama pribadi?



Acep mengaku sebagai kader Tim Akar Rumput saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Purnama Cigugur pada Sabtu (16/2/2019) lalu.

"Saya dimintai penjelasan tentang kegiatan, ada yang menimbulkan rasa tak nyaman. Atas dasar apa saya ke sana? (acara deklarasi Tim Akar Rumput). Saya sebagai kader," kata Acep usai dimintai klarifikasi di kantor Bawaslu Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/2/2019).

Lebih lanjut, Acep tak menampik menjadi bagian tim pemenangan capres dan cawapres nomor urut 01 di Kabupaten Kuningan. Acep mengaku ingin memotivasi para kader Tim Akar Rumput untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin.



Menurut Acep salah satu keberhasilan Jokowi adalah mengguulirkan dana desa. Sehingga, lanjut Acep, dana desa bisa menjadi materi untuk memotivasi para kader.

"Kebetulan ada sebuah keberhasilan yang dilakukan Pak Jokowi, digulirkannya dana desa. Walaupun ada yang memberi masukan itu program Pak SBY juga, tapi dana desa itu kan bersumber dari pemerintah pusat. Materi itu bisa menyemangati teman-teman untuk membangun Indonesia dari pinggiran," tutur Acep.

Acep mengaku selama ini pihaknya tak pernah mengerahkan kades dan perangkat desa di Kuningan untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Baik langsung maupun tidak langsung, tidak pernah," katanya.


Simak Juga 'Ada Bupati Kutuk Kades Tak Pro-Jokowi, Mendagri Serahkan ke Panwas':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed