DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 11:32 WIB

Pelipatan 602.020 Surat Suara, KPU Banjar Hanya Libatkan PPK dan PPS

Dadang Hermansyah - detikNews
Pelipatan 602.020 Surat Suara, KPU Banjar Hanya Libatkan PPK dan PPS Foto: Dadang Hermansyah
Kota Banjar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019 di Gudang Logistik KPU Banjar Tanjungsukur Rabu (13/2/2019). Penyortiran dan pelipatan surat suara di Banjar dilakukan oleh anggota PPK dan PPS berjumlah 104 orang, ditambah dari petugas KPU.

Total surat suara yang diterima KPU Banjar sebanyak 602.020 surat suara, terdiri dari DPRD Kota Banjar, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD. Sedangkan untuk surat suara cadangan sebanyak 3.000 surat suara, sesuai jumlah 3 daerah pemilihan. Itu untuk 3.170 TPS.

"Sekarang baru mulai sortir dan pelipatan surat suara untuk DPRD Kota Banjar, yang dilibatkan anggota PPK dan PPS ditambah dari petugas KPU, target pelipatan paling lama 2 minggu," ujar Ketua KPU Banjar Dani Danial Muhklis saat sedang memantau proses sortir dan pelipatan suara.

Danial menjelaskan, sudah menjadi tradisi pelipatan suara hanya PPK dan PPS tidak melibatkan masyarakat. Pertimbangannya untuk mengantisipasi surat suara yang tertukar daerah pemilihan (dapil).

"Jadi banyaknya surat suara dapil yang tertukar itu karena memang masyarakat awam, jadi kita dari dulu sortir dan pelipatan ini hanya oleh anggota PPK dan PPS," tuturnya.

Meski menggunakan tenaga PPK dan PPS namun tetap honor dibayar Rp 75 per surat suara. Untuk itu pihaknya mengingatkan agar pelipatan suara berjalan efektif dan efisien.

Pelipatan 602.020 Surat Suara, KPU Banjar Hanya Libatkan PPK dan PPSFoto: Dadang Hermansyah


Bila ditemukan surat suara yang rusak, seperti banyak bercak hitam, kotor atau sobek maka akan langsung dianulir. Selanjutnya akan meminta penggantian ke KPU Provinsi.

Dalam proses sortir dan pelipatan suara KPU Banjar memiliki spirit keterbukaan dan aksesibilitas. Supaya tidak ada masyarakat maupun peserta pemilu yang ragu. Sepanjang mematuhi aturan semua bisa melihat dan meninjau tahapan sortir dan pelipatan suara.

"Sudah disediakan meja khusus bagi masyarakat maupun partai peserta pemilu yang ingin melihat dan meninjau proses sortir pelipatan surat suara. ID card sudah disediakan. Untuk pengawasannya tentunya dari Bawaslu dan pihak kepolisian," terangnya.

KPU Banjar saat ini masih menunggu surat suara untuk pemilihan Presiden. Pihaknya menunggu kabar dari pihak percetakan. Sedangkan logistik lainnya yang belum lengkap seperti sampul, formulir, buku panduan KPPS dan template untuk tuna netra.

"Paling lambat itu pertengahan Maret dari Provinsi sudah kirim," Pungkasnya.



Saksikan juga video 'Surat Suara Pemilu 2019 Resmi Dicetak':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed