DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 11:41 WIB

Pasca Tanggul Jebol, 3.000 Liter Air Dikirim ke Warga Pasirjati

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pasca Tanggul Jebol, 3.000 Liter Air Dikirim ke Warga Pasirjati Lumpur sisa banjir akibat tanggul jebol di Kompleks Jatiendah Regency, Pasirjati, Jatiendah, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, mulai dibersihkan, Senin (11/2/2019). Satu unit ekskavator dikerahkan untuk membersihkan lumpur. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Bandung - Ribuan liter air bersih akan dikirimkan ke daerah Pasirjati. Air bersih dapat digunakan untuk warga selama masa tanggap darurat pasca tanggul jebol.

"Untuk hari ini dari PDAM wilayah Bandung timur akan mengirimkan air bersih. Jumlahnya 3.000 liter," ucap Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Cuncun saat berbincang dengan detikcom di komplek Jati Endah, Pasirjati, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Selasa (12/2/2019).


Cuncun mengatakan dengan kondisi pasca tanggul jebol ini, stok air bersih minim. Masyarakat pun kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga, pihaknya berkoordinasi dengan PDAM untuk mengirimkan bantuan air bersih.

"Air ini bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat," kata dia.

Di samping itu, warga sekitar juga dapat memanfaatkan posko bantuan yang berada tak jauh dari komplek tersebut. Ada beberapa posko bantuan dari mulai posko makanan hingga kesehatan yang didirikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung.

"Kita mendirikan posko dan itu juga bisa digunakan. Bantuan terus menerus datang dari masyarakat, komunitas dan lembaga sosial," kata dia.


Sementara itu salah seorang warga, Hikmat (41) mengatakan sebagian warga memang memilih untuk mengungsi ke kerabatnya pasca tanggul jebol. Selain karena kondisi rumah rusak dan kotor akibat lumpur, warga pun masih trauma kejadian terulang.

"Saya juga tinggal di saudara dulu sekarang. Memang agak khawatir sih kalau misalkan hujan, seperti kemarin sore, ada hujan kita khawatir kejadian lagi. Makanya pindah dulu lah sementara," ucap Hikmat.

Insiden tanggul jebol itu menewaskan tiga orang yaitu ibu dan bayinya serta seorang gadis. Rumah mereka bertetangga dan rata dengan tanah.


Saksikan juga video 'Bupati Bandung Bicara Penyebab Jebolnya Tanggul Pasirjati':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed