DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 16:44 WIB

Dua Rumah di Lemahwungkuk Cirebon Ambruk Diterjang Hujan Lebat

Sudirman Wamad - detikNews
Dua Rumah di Lemahwungkuk Cirebon Ambruk Diterjang Hujan Lebat Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Sedikitnya dua rumah di RW 4 Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, ambruk akibat diterjang hujan. Pemilik rumah Ino Martiano (37) dan Iriyanto (53) terpaksa mengungsi. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Atap rumah Ino ambruk. Kondisi yang sama juga dialami Iriyanto. Ino menceritakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB kemarin (10/2/2019). Hujan lebat yang mengguyur Kota Cirebon selama berjam-jam, menurut Ino, menjadi penyebab ambruknya atap rumahnya.

"Dari siang sampai sore hujan. Kejadiannya dalam hitungan detik, tiba-tiba terdengar bunyi patahan kayu terus ambruk. Bruk," kata Ino saat ditemui detikcom di rumahnya yang ambruk, Senin (11/2/2019).

Ino tak menampik kondisi rumahnya tersebut sudah lapuk. Bahkan, Ino mengaku sempat mengajukan program rumah tidak layak huni (rutilahu). "Sudah disurvei buat rutilahu. Tapi sampai sekarang belum direnovasi. Kondisi rumahnya memang sudah tua, banyak kayunya yang keropos," kata Ino.

Saat kejadian, Ino mengatakan tak ada orang di dalam rumah. Saat itu, kedua anak dan istrinya berada di luar rumah. "Semuanya di luar, anak saya hujan-hujanan. Alhamdulillah tidak ada korban. Semoga pemerintah tanggap," katanya.

Dua Rumah di Lemahwungkuk Cirebon Ambruk Diterjang Hujan LebatFoto: Sudirman Wamad


Di tempat yang sama, Iriyanto mengaku kaget saat mendengar kabar kejadian tersebut. Saat kejadian, Iriyanto mengaku sedang berada di luar.

"Ada saudara saya sama anaknya yang masih berusia 10 bulan, sama saudara saya lainnya. Ada enam orang lah sama bayi," kata Iriyanto.

Lebih lanjut, Iriyanto mengatakan keluarganya yang beradadi rumah itu selamat. Namun, bayi berusia 10 bulan yang digendong saudaranya saat kejadian sempat terkena reruntuhan pasir dari bangunan.

"Ya tidak parah, pasir atau abu dari atas rumah mengenai bayi. Alhamdulillah tidak apa. Semoga ada bantuan dari pemerintah," kata Iriyanto.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed