DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 11:52 WIB

Besok, Jalan Kawasan Antapani dan Sukajadi Bandung Direkayasa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Besok, Jalan Kawasan Antapani dan Sukajadi Bandung Direkayasa Rekayasa lalu lintas di Jalan Terusan Jakarta Bandung (Foto: Dok Kasatlantas Polrestabes Bandung)
Bandung - Rekayasa dua jalan di Kota Bandung akan dimulai besok. Polisi bersama Pemkot Bandung menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Terusan Jakarta dan Antapani.

"Iya dimulainya besok (Senin)," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina saat dihubungi, Minggu (13/1/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh di Jalan Terusan Jakarta ada tiga titik rekayasa lalu lintas. Pertama di dekat Komplek Puri Dago. Kendaraan dari jalan Golf Barat akan dibelokan ke arah jalan besar. Ada barrier yang menutup tepat di belokan depan Puri Dago.

Lalu di beberapa meter selanjutnya, ada penutupan jalan di Jalan Terusan Jakarta - Purwakarta. Kendaraan dari arah Jalan Jakarta tidak bisa langsung belok ke Jalan Jakarta, begitupun sebaliknya. Kendaraan baru bisa belok di Jalan Subang.

Titik ketiga di kawasan Antapani yang direkayasa di dekat jembatan layang pelangi. Terdapat barrier yang menutup jalan antara Jalan Babakan Surabaya menuju ke jalan besar. Sehingga kendaraan dari Jalan Babakan Surabaya tak bisa langsung masuk ke jalan besar arah Arcamanik.

Sementara itu di kawasan Sukajadi, rekayasa lalu lintas dilakukan mulai dari Jalan Karang Tinggal hingga Sukawangi. Barrier disiagakan di tengah jalan sepanjang jalan tersebut.

Salah satu yang paling mencolok ialah di perempatan Jalan Sukajadi-Karangtineung-Sinarmanah. Sebelumnya jalan tersebut dari arah selatan ke utara ditutup namun kini akan dibuka.

Akan tetapi kendaraan dari arah Karangtineung menuju ke Sinarmanah akan ditutup dengan Barrier. Sehingga kendaraan dari kedua jalur tersebut akan dibelokan ke Jalan Sukajadi dan berputar di Taman Sukajadi.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebelumnya mengatakan rekayasa ini dilakukan guna mengurai kemacetan di Kota Bandung. Yana memastikan uji coba tersebut sudah melalui kajian. Bahkan telah dibahas dalam rapat pada Jumat pagi bersama Polrestabes Bandung, Polda Jabar, Dishub Kota Bandung dan Provinsi Jabar, Satpol PP dan Disbudpar Kota Bandung.

"Ini sudah melalui proses pembahasan dan kajian, bahkan menggunakan software khusus untuk uji coba. Mudah-mudahan hasilnya sesuai dan kemacetan ini bisa terurai," ujar Yana.
(dir/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed