DetikNews
Selasa 11 Desember 2018, 12:12 WIB

Alun-alun Ditutup, Perayaan Tahun Baru di Ciamis Dipindah

Dadang Hermansyah - detikNews
Alun-alun Ditutup, Perayaan Tahun Baru di Ciamis Dipindah Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Di malam akhir tahun biasanya masyarakat Ciamis berkumpul terpusat di Alun-alun Taman Raflesia, dalam kegiatan car free night. Namun untuk malam tahun baru 2019 ini alun-alun masih ditutup karena sedang revitalisasi.

Diketahui, pada tahun- tahun sebelumnya saat malam pergantian tahun masehi, berbagai kegiatan kerap diselenggarakan terpusat di kawasan Alun-alun. Mulai dari parade band, wisata kuliner hingga pesta kembang api.

Sehingga jadi tujuan warga Ciamis bahkan dari daerah tetangga seperti Tasikmalaya dan Banjar, untuk menghabiskan malam terakhir menuju tahun baru.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Oman Rohman menyatakan meski akhir masa kontrak revitalisasi sampai 23 Desember, namun belum bisa dibuka karena masih dalam tahap pemeliharaan. Saat ini, alun-alun masih ditutupi seng.

"Jadi masyarakat mohon bersabar, untuk tahun ini tidak bisa malam tahun baru di Alun-alun Taman Raflesia karena masih tahap revitalisasi," ujar Oman saat ditemui di kantornya Selasa (11/12/2018).

Alasan lainnya, setelah selesai direvitalisasi tentunya harus ada kesepakatan mengenai tata tertib kawasan tersebut. Terutama para pedagang kaki lima yang biasa mangkal.

"Alasan lain, kalau ini dibuka saat mau malam pergantian tahun kami khawatir tanaman dan rumput yang baru ditanam jadi rusak, karena yang datang itu biasanya sampai ribuan orang," terang Oman.

Diketahui, saat ini Pemkab Ciamis merencanakan penataan kawasan Alun-alun Ciamis. Untuk mengubah wajah pusat perkotaan lebih indah dan tertata. Namun anggaran yang dibutuhkan cukup besar sekitar Rp 21 miliar.

Ditahap awal ini tahun 2018, Pemkab Ciamis baru menggelontorkan anggaran sekitar Rp2,3 miliar sehingga baru bagian tengah Taman Raflesia yang direvitalisasi. Dan akan tetap dianggarkan di tahun selanjutnya dari APBD.

"Sebetulnya pembangun revitalisasi taman Alun-alun ini tidak dilaksanakan tahapan, tapi karena sesuai kemampuan anggaran pembangunan seolah-olah ini tahap awal, " jelas Oman.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir, ada beberapa alternatif, agar warga Ciamis masih bisa menggelar malam pergantian tahun di pusat perkotaan Ciamis.

Taman Losana bisa jadi alternatif untuk perayaan malam tahun baru di CiamisTaman Losana bisa jadi alternatif untuk perayaan malam tahun baru di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah


Seperti Taman Lokasana dan area Venue BMC Ciamis, juga di kawasan Alun-alun masih ada Taman Anggur yang bisa jadi pusat kegiatan masyarakat di malam tahun baru. Lokasi tersebut tidak kalah luas dan menarik dari kawasan Alun-alun.

"Sebetulnya kami tidak ada pengarahan kegiatan di suatu lokasi, itu hanya alternatif karena izin penggunaannya berada di dinas kami. Sekali lagi kepada masyarakat Ciamis mohon pengertiannya, memahami kami sedang menata alun-alun," pungkasnya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed