DetikNews
Senin 19 November 2018, 22:49 WIB

Kena Sanksi, Anggota Geng Motor Bersihkan Tugu Adipura Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kena Sanksi, Anggota Geng Motor Bersihkan Tugu Adipura Sukabumi Ada 14 orang anggota geng motor yang kena sanksi sosial oleh polisi untuk membersihkan Tugu Adipura Kota Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Terlibat bentrok pada Sabtu (17/11), belasan anggota geng motor diberi sanksi sosial oleh polisi. Mereka diminta membersihkan Tugu Adipura Kota Sukabumi menggunakan peralatan seperti sikat, sabun dan lap mereka keroyokan membersihkan salah satu ikon Kota Sukabumi tersebut.

Satu persatu anggota geng motor itu menuruti arahan dari polisi. Sejumlah warga dan pengguna jalan yang melintas mengabadikan momen tersebut dengan kamera telepon mereka lalu mengunggahnya ke media sosial.

"Kota yang indah ini sering kali dinodai oleh aksi coretan nama geng dan lain sebagainya. Karena itu mereka kita minta untuk bersih-bersih di salah satu tugu ikon Kota Sukabumi. Kita juga mengajak dari Dinas Kebersihan untuk mengarahkan mereka," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo, Senin (19/11/2018).

Anggota Geng Motor Disanksi Bersihkan Tugu Adipura SukabumiSeorang polwan mengarahkan salah satu anggota geng motor saat membersihkan Tugu Adipura Kota Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Ada 14 orang yang diberi sanksi sosial oleh polisi, satu diantaranya ditetapkan sebagai tersangka karena membacok anggota geng lawan menggunakan senjata tajam jenis 'cocor bebek'.

"Mereka terlibat bentrok antar dua kelompok motor, melakukan perang tanding. Aksi saling serang, satu orang anggota geng terkena bacokan di bagian punggung. Pelakunya berinisial LA (19) kita jerat dengan pasal penganiayaan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," tambahnya.

Aksi belasan anggota geng motor itu memancing rasa penasaran warga, mereka berharap aksi serupa terus dilakukan pihak kepolisian sebagai efek jera agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

"Kalau bisa jangan cuma sekali, kenakan semacam wajib lapor dengan masa hukuman beberapa lama misalkan dua bulan. Wajib lapornya diiringi dengan pelaksanaan sanksi serupa, misalkan membersihkan rumah ibadah atau area lapang merdeka," kata Bambang, seorang pengguna jalan.

Anggota Geng Motor Disanksi Bersihkan Tugu Adipura SukabumiSeorang anggota geng motor yang ditangkap karena kasus pembacokan. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed