DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 11:44 WIB

Rawan Bencana, Pemkot Banjar Bentuk Tim Reaksi Cepat

Dadang Hermansyah - detikNews
Rawan Bencana, Pemkot Banjar Bentuk Tim Reaksi Cepat !4 titik di Kota Banjar rawan bencana (Foto: Dadang Hermansyah)
Banjar - Berdasarkan data dari BPBD Kota Banjar, ada 14 titik rawan bencana. Untuk itu Pemerintah Kota Banjar dan Polres Banjar membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) guna menanggulangi bencana.

TRC nantinya akan siap siaga dan langsung bergerak bila terjadi bencana. Untuk respon cepat sebelum menerjunkan petugas untuk penanganan yang lebih besar. TRC ini terdiri dari berbagai unsur mulai dari Polres Banjar, BPBD, PMI, Tagana dan unsur relawan lainnya yang jumlahnya ratusan personel.

Potensi bencana di Kota Banjar yakni pergerakan tanah dan longsor terdapat di wilayah Pataruman, Binangun. Banjir luapan Sungai Citanduy di Kecamatan Purwaharja dan puting beliung di wilayah Kecamatan Langensari. Rawan pergerakan tanah di kaki Gunung Sangkur.

"Kita harus siap siaga, di Banjar ada 14 titik rawan bencana. Sebagian besar retakan tanah di Banjar dan luapan Sungai Citanduy," ujar Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih Sabtu (17/11/2018).

Foto: Dadang Hermansyah

Ade mengatakan anggaran kebencanaan Tahun 2019 Kota Banjar sebesar Rp 500 juta. Namun bisa bertambah bila kondisi darurat. Ade Uu mengimbau kepada warga Banjar untuk tetap waspada karena potensi bencana saat ini cukup tinggi.

"Kalau kondisi darurat bencana, anggaran dapat ditambah. Mudah-mudahan saja tidak ada bencana yang terjadi," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Matrius mengatakan setelah melakukan simulasi penanggulangan bencana Banjir, diharapkan seluruh personel siap siaga. Bisa bertindak cepat ketika terjadi bencana. Terutama dalam meningkatkan sinergitas bersama instansi lain dalam menangani bencana, baik sedang terjadi maupun pasca bencana.

"Metode yang dilakukan dalam penanggulangan bencana harus tepat supaya penanganan lebih baik, efektif dan efisien. Termasuk sarana dan prasarananya," jelasnya.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed