DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 10:09 WIB

Polres Cirebon Bekuk Pelaku Curanmor Berkat Aplikasi Sigabon

Sudirman Wamad - detikNews
Polres Cirebon Bekuk Pelaku Curanmor Berkat Aplikasi Sigabon Aplikasi Sigabon gagalkan pencurian motor (Foto: Istimewa)
Cirebon - Adanya aplikasi Polisi Siaga Cirebon atau Sigabon membuat pelayanan Polres Cirebon lebih efektif dan responsif. Pekan lalu, aksi pencarian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil digagalkan berkat adanya laporan melalui Sigabon.

Kasat Reskrim Polres Cirebon AKP Kartono Gumilar menyebutkan pihaknya berhasil mengamankan pelaku curanmor berinisial SN (67) warga Kecamatan Kanci, Kabupaten Cirebon. Penangkapan terhadap SN itu dilakukan usia pihaknya menerima laporan melalui aplikasi Sigabon.

"Korban ini langsung melapor melalui Sigabon saat melihat motornya dicuri. Kejadiannya itu siang hari sekitar pukul 13.35 WIB, kamis lalu. Polisi langsung bergerak menuju lokasi setelah mendapat laporan," kata Kartono dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (17/11/2018).

Pelaku SN, lanjut Kartono, sebelum diamankan sempat menuntun motor hasil curian sekitar dua meteran. Pelaku berusaha kabur dengan menyalakan mesin motor. Namun, lanjut dia, polisi dan warga sekitar berhasil mengamankan pelaku saat hendak kabur.

"Kita langsung amankan pelakunya dan barang bukti berupa sepeda motor," ucap dia.

Lebih lanjut, Kartono mengaku untuk kali pertamanya pencurian berhasil digagalkan berkat laporan Sigabon. Kartono meminta agar masyarakat bisa melaporkan kejadian-kejadian tindakan kejahatan atau hal lainnya yang berkaitan dengan pelayanan kepolisian melalui Sigabon.

"Memang ini baru pertama kali kami menerima laporan kejahatan melalui Sigabon. Alhamdulillah, petugas kami berhasil menggagalkan dan mengamankan pelaku curanmor.

Sekadar diketahui, aplikasi Sigabon diluncurkan Polres Cirebon pada Juli lalu. Aplikasi tersebut dapat diunduh masyarakat yang menggunakan ponsel bersistem android. Aplikasi Sigabon melayani pembuatan SKCK, SIM, laporan masyarakat, dan lainnya. Bahkan, terdapat tombol panic button dalam aplikasi tersebut, digunakan untuk melaporkan kejadian seperti kejahatan jalanan, kemacetan, dan lainnya.

"Ini merupakan era digital. Adanya aplikasi ini merupakan bukti bahwa pelayanan yang kita berikan tidak harus terbentuk jarak dan waktu. Kita memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan," ucap Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto usai nonton bareng film 22 Menit dan peluncuran aplikasi Sigabon di CSB Mall Jalan Cipto Kota Cirebon, Jawa Barat Kamis (19/7/2018) lalu.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed