DetikNews
Kamis 15 November 2018, 16:40 WIB

Viral Polisi Tertimpa Palang Pintu Gerbang Tol, Begini Ceritanya

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Viral Polisi Tertimpa Palang Pintu Gerbang Tol, Begini Ceritanya Foto: Tangkapan layar di medsos
Bandung - Seorang anggota polisi tertimpa palang pintu gerbang tol saat bertugas. Rekaman CCTV insiden itu tersebar di media sosial (medsos).

Dalam rekaman CCTV berdurasi 30 detik yang dilihat detikcom pada Kamis (15/11/2018), terlihat suasana sebuah gerbang tol. Sejumlah kendaraan truk hingga mobil terlihat mengantre untuk masuk ke dalam tol. Di rekaman itu juga tertulis '2018-11-07 13:51' yang menunjukkan waktu gambar itu terekam.

Tiba-tiba seorang anggota polisi bertopi putih datang menuju ke gerbang tol. Sang polisi terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas.

Saat kendaraan besar masuk, dari belakang terlihat ada rombongan yang tengah dikawal. Seorang polisi yang datang itu pun mengatur arus agar rombongan segera melewati gerbang tol.

Namun nahas, polisi justru mendapat insiden. Beberapa kali palang pintu otomatis gerbang tol turun sendiri. Si polisi itu terkena benturan palang pintu beberapa kali. Dari rekaman video, sebanyak 3 kali polisi tersebut tertimpa palang pintu otomatis.

Meski kepalanya tertimpa palang pintu itu, sang polisi tetap bekerja mengatur lalu lintas. Sayangnya, video tersebut jadi bahan candaan. Terdengar suara beberapa orang tertawa saat polisi tersebut tertimpa palang pintu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, insiden itu terjadi di Gerbang Tol (GT) Pasteur, Bandung. Peristiwa itu berlangsung pada 7 November 2018.

"Iya kejadiannya itu benar di wilayah Pasteur," ucap Kanit PJR Tol Padaleunyi AKP Bariu Bawana saat dikonfirmasi detikcom.

Bariu menjelaskan peristiwa itu terjadi saat adanya rombongan tamu sekelas VVIP hendak meninggalkan Bandung. Dia tak menjelaskan secara rinci siapa tamu VVIP tersebut. Namun yang pasti, saat itu, polisi bernama Aiptu Ferry memang bertugas berjaga di GT Pasteur.

"Itu kegiatan rutin sehingga kita untuk perjalanan VVIP pada saat itu personel bertugas di wilayah Barat (Tol Padaleunyi) dari Pasteur menuju ke Padalarang," katanya.

Bariu menjelaskan pengamanan terhadap tamu VVIP yang hendak masuk ke area tol selalu dikoordinasikan dengan pihak Jasa Marga. Pengamanan kunjungan tamu VVIP kemarin pun telah dikoordinasikan ke Jasa Marga.

"Kita minta bantuan karena dari Jakarta juga diatensi, prioritas karena rombongan VIP dan VVIP. SOP selama ini setiap ada perjalanan VVIP, kita bantu prioritas, jadi biar tidak ada antrean karena VVIP mengejar waktu mungkin, jadi kita meringangkan perjalanan," kata Bariu.

Koordinasi dengan Jasa Marga untuk tamu VVIP juga dilakukan agar palang pintu otomatis diberhentikan sementara.

"Memang biasanya kita off-kan. Tapi saat itu kemungkinan mesinnya atau apa gerbangnya nutup sendiri sehingga mengenai anggota. Tapi alhamdulilah tidak apa-apa anggota, kondisinya sehat," kata dia.

Bariu mengatakan apa yang dilakukan Ferry merupakan salah satu bentuk dedikasi terhadap tugasnya. Akan tetapi, justru pandangan masyarakat berbeda.

"Ini sebuah dedikasi dari anggota Polri untuk memberikan perjalanan kepada tamu sekelas VVIP. Cuma yang dikhawatirkan, image masyarakat justru 'ini kok ngapain'," ucapnya.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed