DetikNews
Kamis 15 November 2018, 13:13 WIB

Seluruh Nelayan Terombang Ambing di Perairan Sukabumi Dievakuasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Seluruh Nelayan Terombang Ambing di Perairan Sukabumi Dievakuasi Foto: dokumentasi Kantor SAR Basarnas Bandung
Bandung - Kantor SAR Bandung telah berhasil mengevakuasi seluruh penumpang kapal Aqua Mas yang terombang ambing belasan hari di perairan Sukabumi. Kapal ditarik secara langsung menuju ke Pelabuhan Ratu.

"Sudah semuanya. Pertama kan kita evakuasi dahulu yang dua orang ABK (anak buah kapal) karena yang dua lagi yaitu nahkoda dan satu ABK tidak mau meninggalkan kapal," ucap juru bicara Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor saat berbincang dengan detikcom usai apel gelar pasukan bencana di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (15/11/2018).

Joshua mengatakan proses evakuasi terhadap dua orang tersebut dilakukan dengan cara ditarik bersama kapal-kapalnya. Dia menyatakan kondisi para nelayan asal Trenggalek tersebut sehat.

"Tiga hari lalu kita evakuasi. Kapalnya kita tarik ke Pelabuhan Ratu. Semuanya dalam keadaan selamat," ucap Joshua.



Dari hasil pemeriksaan kapal tersebut bermuatan ikan. Namun lantaran sudah belasan hari di laut, ikan tersebut membusuk.

"(Muatannya) ikan-ikan busuk saja karena dia sudah terlalu lama juga," ucap Joshua.

Seperti diketahui, kapal tersebut terombang ambing di perairan Cidaun. Kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Rumpong menuju pelabuhan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Kapal yang ditumpangi satu nahkoda dan 3 ABK tersebut terombang ambing lantaran kerusakan pada kapal.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed