DetikNews
Rabu 14 November 2018, 15:12 WIB

Ridwan Kamil akan Poles Alun-alun Kota Cirebon Lebih Ciamik

Sudirman Wamad - detikNews
Ridwan Kamil akan Poles Alun-alun Kota Cirebon Lebih Ciamik Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Kota Cirebon, salah satu daerah yang memiliki potensi wisata sejarah dan belanja. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal memoles wajah Kota Cirebon agar membuat turis lebih betah.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku akan menyulap wajah Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon pada 2019. Sketsa revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon pun sudah disiapkan.

"Nanti Alun-alun Kejaksan ada basemen, kemungkinan rumputnya pakai rumput sintetis. Karena kan ada penggunaan juga untuk lahan parkir," kata Emil usai meninjatu Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/11/2018).

Emil menyebutkan Pemprov Jawa Barat menyiapkan anggaran sekitar Rp 15 hingga Rp 20 miliar untuk revitalisasi Alun-alun Kejaksan. Dalam revitalisasi alun-alun tersebut, Emil mengaku menyediakan tempat untuk wisata kuliner dan belanja.

Selain Alun-alun Kejaksan, dikatakan Emil, pihaknya akan menyulap Jalan Siliwangi, yang berada di sekitar alun-alun sebagai salah satu jalan yang ikonik.

"Nanti Jalan Siliwangi juga bakal jadi megah, seperti Jalan Asia Afrika. Nanti Cirebon punya jalan utama, bisa buat acara parade atau festival," katanya.

Emil juga berencana menyulap Tugu Proklamasi Cirebon, yang lokasinya berada di perempatan Jalan Siliwangi-Kartini. Tugu bersejarah tersebut, lanjut Emil, akan diperbesar agar lebih dihormati.

"Alun-alunnya keren, jalan utamanya juga. Nah, kondisi ini saya yakin akan membuat waktu kunjungan wisatawan lebih lama di Cirebon. Jadi tak hanya wisata itu-itu. Harus bisa membuat betah turis," katanya.

Ridwan Kamil akan Poles Kota Cirebon agar Wisatawan BetahFoto: Sudirman Wamad


Pemprov Jawa Barat, lanjut Emil, bakal memanfaatkan kompleks kantor Badan Kordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Cirebon, termasuk Gedung Negara untuk dijadikan sebagai gedung budaya. Pasalnya, lanjut Emil, pada Januari mendatang kompleks kantor BKPP Wilayah III Cirebon yang berada di bunderan Krucuk Kota Cirebon itu tak difungsikan sebagai kantor kedinasan.

"Secara SOTK sudah tidak ada lagi BKPP. Gedung ini tak dipakai. Karena kita fokus tingkatkan pariwisata, kita konsep gedung ini jadi gedung budaya. Selain itu, rencananya akan digunakan pameran," katanya.

Emil juga mengaku telah menyiapkan sketsa revitalisasi Alun-alun Keraton Kasepuhan Cirebon. "Kalau Alun-alun Keraton Kasepuhan ini masih dibahas soal mekanisme anggarannya, karena itu milik keraton. Apakah dari CSR atau lainnya," ucapnya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed