Sukabumi dan Pangandaran Dibidik Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Mochamad Solehudin - detikNews
Selasa, 13 Nov 2018 16:14 WIB
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemerintah tengah membidik Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Jawa Barat (Jabar). Dua daerah di Jabar selatan yaitu kawasan Cikidang di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Pangandaran dinilai sudah siap menjadi KEK.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan butuh keseriusan dari pemerintah provinsi dan kabupaten agar dua kawasan tersebut bisa ditetapkan sebagai KEK. Karena, menurutnya, penetapan KEK itu perlu kerja keras dari semua pemangku kepentingan.

"Saya pengen Jawa Barat punya kawasan ekonomi khusus, yang sudah siap kebetulan di Jabar bagian selatan dan Sukabumi," ucap Arief saat menghadiri acara Musrenbang RPJMD Jabar di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (13/11/2018).

Menurut dia, kalau tidak ada halangan, pihaknya segera menetapkan Sukabumi-Pangandaran menjadi KEK di awal 2019. Penetapannya langsung dilakukan pemerintah pusat.

"Kalau waktunya paling cepat tiga bulan. Jadi tadi saya janjikan triwulan pertama tahun 2019 akan selesai. Langsung penetapan dari pemerintah pusat nanti dipimpin oleh Kementerian Perekonomian," ujarnya.

Arief menjelaskan ada banyak keuntungan bagi daerah yang telah ditetapkan KEK. Pemerintah pusat akan memberikan berbagai bantuan untuk pengembangan kawasan tersebut ke depan.

"KEK tidak mudah, tapi setelah KEK akan dapat kemudahan dari pemerintah pusat," kata Arief

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan kawasan Cikidang (Sukabumi) dan Pangandaran tengah dalam proses untuk ditetapkan menjadi KEK. Dia berharap penetapan bisa segera dilakukan sehingga bisa mengakselerasi pembangunan di dua kawasan tersebut.

"Sedang diproses KEK supaya mem-bypass birokrasi yang mungkin terlalu lambat di mata dunia. Satu di Sukabumi, satu di Pangandaran. KEK itu susah, syaratnya berat. Jadi dua dulu," ucap Emil, sapaan Ridwan. (mso/bbn)