DetikNews
Selasa 30 Oktober 2018, 15:42 WIB

Jaksa Tak Siap, Sidang Tuntutan 5 Pengeroyok Haringga Sirla Ditunda

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jaksa Tak Siap, Sidang Tuntutan 5 Pengeroyok Haringga Sirla Ditunda Dua terdakwan lainnya sudah divonis sebelumnya masing-masing 3 tahun dan 3,5 tahun/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Sidang lanjutan kasus pengeroyokan terhadap Haringga Sirla yang melibatkan 5 anak di bawah umur batal digelar. Hakim menunda sidang lantaran jaksa belum siap membacakan tuntutan.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan yang digelar secara tertutup itu sedianya digelar hari ini, Selasa(30/10/2018). Perangkat persidangan termasuk 5 anak sudah sempat masuk ke ruang sidang anak di Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Namun tak berlangsung lama, sidang selesai. Perangkat sidang beserta terdakwa keluar ruang persidangan tersebut. Hakim menyatakan sidang ditunda hingga Jumat 2 November 2018.



Jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung Melur Kimaharandika mengatakan penundaan tersebut berdasarkan permohonan dari jaksa. Pihaknya meminta hakim menunda persidangan karena tuntutan belum selesai.

"Kebetulan hari ini belum turun tuntutannya dari Kejagung," ujar Melur.

Melur mengatakan dalam perkara ini pihaknya harus berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Sebab kasus yang melibatkan suporter bola menarik perhatian masyarakat nasional.

"Mengingat ini perkara yang menarik perhatian nasional, maka mekanisme tuntutan di kami harus sampai ke Kejaksaan Agung. Jadi kami memerlukan waktu untuk membacakan tuntutan setelah selesai berkoordinasi dengan kejagung," katanya.



Pihaknya meminta kepada hakim agar sidang tuntutan ditunda hingga Kamis pekan ini. Akan tetapi, hakim mengaku tak bisa melaksanakan sidang tunda pada hari Kamis lantaran ada kegiatan lain.

"Kita mintanya Kamis, tapi kebetukan hakim enggak bisa, jadi hari Jumat," tuturnya.

Sebelumnya 5 anak berusia pelajar yakni SY (17), TD (17), AF (16), S (16) dan AP (15) menjalani persidangan atas kasus pengeroyokan terhadap suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla. Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa pekan lalu, kelimanya didakwa Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.


Saksikan juga video 'Sadis! Beginilah Rekonstruksi Pengeroyokan Haringga':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed