DetikNews
Rabu 24 Oktober 2018, 12:45 WIB

Tenggelam Usai Tolong Teman, Jasad Santri Sukabumi Ditemukan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tenggelam Usai Tolong Teman, Jasad Santri Sukabumi Ditemukan Warga membawa jenazah santri yang tenggelam ke ambulans. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Hasan (16), santri yang hilang terseret ombak usai menyelamatkan temannya di Pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, ditemukan tak bernyawa. Jasad santri Pondok Pesantren Daruttholibin Sukalarang, Sukabumi, itu pertama kali diketahui warga yang tengah berada di area pantai, Rabu (24/10/2018).

Selama tiga hari petugas melaksanakan pencarian. Mayat Hasan ditemukan mengambang sekitar 100 meter dari titik awal dilaporkan hilang atau tersapu ombak.

"Saya melihat benda terombang ambing di laut di antara gelombang. Saya sempat menduga itu tubuh manusia, namun saat itu tidak terlihat jelas. Karena penasaran, saya minta tolong ke beberapa remaja yang berada di sekitar pantai untuk memastikan," kata Udin Syamsudin, saksi yang melihat jenazah Hasan.

Setelah dipastikan itu tubuh manusia, Udin bersama warga lainnya langsung mengevakuasi ke daratan. Penemuan jasad Hasan itu diinformasikan ke tim SAR dan aparat Desa Citepus.


Ketua SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Pajri Assyidiq membenarkan informasi tersebut. Dia menjelaskan jenazah pemuda tersebut sudah dibawa ke RSUD Palabuhanratu.

"Hanya saja di beberapa bagian tubuhnya terlihat adanya kulit yang mengelupas. Kondisi itu diduga akibat terlampau lama berada di dalam air laut," kata Okih.

Berdasarkan ciri-ciri fisik, Okih memastikan jasad pria itu ialah Hasan yang hilang terseret ombak laut saat berenang di pantai, tiga hari lalu. Hasan terbawa arus saat berhasil menolong temannya, Rehan (12).

Sebelum kejadian nahas tersebut, Hasan bersama rombongan merayakan Hari Santri Nasional (HSN) di Alun-alun Pemkab Sukabumi, Senin (22/10/2018) pagi. Selepas acara HSN, Hasan dan sejumlah rekanya berkunjung ke laut Palabuhanratu Sukabumi.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed