DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:38 WIB

Ratusan Buruh di Cimahi-Bandung Barat Serukan Pemilu 2019 Damai

Rachmadi Rasyad - detikNews
Ratusan Buruh di Cimahi-Bandung Barat Serukan Pemilu 2019 Damai Buruh di Cimahi dan KBB deklarasi pilkada damai (Foto: Rachmadi Rasyad)
Bandung Barat - Ratusan buruh di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat menggelar deklarasi damai jelang berlangsungnya Pileg dan Pilpres 2019.

Deklarasi berlangsung di Area Kolam Pemancingan Ikan Kinayungan yang terletak di Kampung Bongkok, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (18/10/2018).

Ratusan buruh yang datang, tergabung ke dalam berbagai organisasi di antaranya Serikat Pekerja Nasional, Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia, Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia, dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. Kegiatan ini didukung 9 serikat dan aliansi lainnya dengan keanggotaan di Cimahi mencapai 60 ribu dan Bandung Barat mencapai 78 ribu.

Usai melakukan deklarasi, para buruh terlihat melakukan aktivitas mancing bersama sebagai tanda solidaritas di antara elemen buruh yang ada di Kota Cimahi dan Bandung Barat.

Ditemui disela kegiatan, Kordinator Buruh Edi Suherdi menegaskan serikat buruh di Cimahi dan Bandung Barat sepakat untuk menciptakan suasana menjelang Pileg dan Pilpres 2019 yang kondusif.

"Kami para serikat pekerja atau serikat buruh di Kota Cimahi dan KBB sepakat untuk menjaga kondusifitas menjelang perhelatan demokrasi Pilpres dan Pileg 2019 mendatang. Dan kami bersepakat untuk menciptakan kedamaian dan kenyamanan demi ketertiban dan suksesnya Pileg dan Pilpres," kata dia.

Edi menegaskan solidaritas di antara buruh yang ada di Cimahi dan Bandung Barat selama ini terjalin dengan baik tanpa adanya gesekan-gesekan meskipun tersebar.

"Sepertinya di KBB dan Cimahi, sarikat buruh paling solid tidak ada gesekan-gesekan walaupun tersebar serikat ini tapi kebersamaan ini kami jalin sejak jauh-jauh hari dan Alhamdulillah serikat butuh di Cimahi dan KBB selalu menciptakan iklim yang kondusif," ungkap dia.

Sementara itu ditemui di lokasi, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif yang dilakukan oleh buruh dan pekerja demi pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang aman, damai, dan sejuk. Rusdy berharap semangat tersebut bisa dijaga.

"Ya, kepolisian khususnya Polres Cimahi sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif dari rekan-rekan pekerja dan buruh di Cimahi dan KBB. Beliau-beliau ini bersepakat untuk menjaga penyelenggaraan pileg dan pilpres yang aman, damai, dan sejuk," kata Rusdy.




Tonton juga 'Masa Kampanye, Pengusaha Percetakan di Pasuruan Raup Untung':

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed