DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 13:37 WIB

Aksi Ribuan Guru Honorer di Purwakarta, 'Pocong' pun Ikut Longmarch

Dian Firmansyah - detikNews
Aksi Ribuan Guru Honorer di Purwakarta, Pocong pun Ikut Longmarch Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta - Ribuan tenaga honorer di Purwakarta melakukan aksi long march di Jalan Protokol, mulai dari jalan Veteran depan Kampus UPI Purwakarta menyusuri Jalan Sudirman hingga finish di Taman Surawisesa Jalan KK Singawinata atau sepanjang tiga kilometer.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes atas regulasi batasan usia dalam penerimaan Pegawai Negeri Sipil yang akan di gelar tahun ini.

"Tuntutannya cuma satu, angkat honorer jadi PNS, tenaga mereka sangat diperlukan. Di purwakarta sendiri kalau tidak ada honorer, jelas sangat kekurangan guru", ujar Rasmita, Ketua PGRI Purwakarta, di sela-sela aksi, Sabtu (22/09/2018).

Pengunjuk rasa yang ingin diangkat tersebut, selain dari tenaga honorer guru, juga dari tenaga honorer intansi pemerintahan termasuk honorer medis yang telah mengabdi puluhan tahun.

"Contoh yang sudah masuk data ke kategori 2, mereka sudah mengabdi sejak tahun 2005, bahkan ada yang dari 2004, 2003. Mereka sudah mengabdi puluhan tahun", katanya.

Para pendemo mengharapkan jika ditetapkan regulasi, maka regulasi secara prioritas. Tenaga hororer yang sudah berpuluh-puluh tahun dapat diangkat menjadi PNS.

"Kami berharap pemerintah merevisi regulasi ASN. Jadi regulasi prioritas, mereka yang sudah berpuluh-puluh tahun di angkat jadi PNS. Jangan sampai yang sudah masuk daftar kategori dua jadi tidak jelas". Ucapnya menambahkan.

Sasmita menegaskan aksi para guru honorer ini akan terus dilakukan ke Jakarta bersama honorer lainnya se-Indonesia, apabila tuntutan para guru itu tidak digubris.

Dalam aksi itu, massa sejumlah spanduk berisi tuntutan. Tak hanya itu, salahsatu pedemo mengenakan pocong sebagai simbol tuntutan diangkat jadi PNS sebelum meninggal dunia.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed