DetikNews
Rabu 19 September 2018, 12:34 WIB

Ribuan Aparat Gelar Apel Siap Amankan Pileg dan Pilpres di Jabar

Dadang Hermansyah, Wisma Putra - detikNews
Ribuan Aparat Gelar Apel Siap Amankan Pileg dan Pilpres di Jabar Gelar pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya di Ciamis/Foto: Dadang Hermansyah
Kabupaten Bandung - Aparat di beberapa daerah di Jabar gelar pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya, Rabu (19/9/2018). Mereka berkomitmen siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Di Kabupaten Bandung, gelar pasukan dilakukan di Lapangan Upakarti, Pemkab Bandung, Soreang.

"Operasi ini digelar untuk mengecek kesiapan sumberdaya manusia, sarana prasarana, pengamanan Pileg dan Pilpres," kata Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan didajmpingi Dandim 0609 Letkol Arh Teguh Waluyo.

Indra mengungkapkan pihaknya siap melakukan pengamanan sebelum pelaksanaan, saat pelaksaanaan dan setelah pelaksanaan Pemilu 2019.

"Tanggal 23 sudah masuk tahapan kampanye, dan pencoblosan pada Bulan April. Dari Polri ada 1.200 personel yang akan melakukan pengamanan dibantu TNI dan stakeholder lainnya," ungkapnya.

Dalam pelaksanaanya pihaknya akan mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung.

Sementara itu, gelar pasukan gabungan juga dilakukan di Alun-alun Ciamis. Sebanyak 1.100 personel gabungan dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dishub dan Satpol PP dari Kabupaten Ciamis dan Pangandaran siap mengamankan Pileg dan Pilpres 2019.

"Personel yang disiagakan sebanyak 1.100, sebanyak 900 personel dari Polres Ciamis, kemudian dibantu dari TNI dan Pemkab Ciamis dan Pangandaran," ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso usai apel.

Personel ini nantinya akan disebar di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya mencapai ribuan, mengingat Polres Ciamis membawahi dua Kabupaten.

Bismo memastikan dalam perhelatan Pileg dan Pilpres anggota Polri di Kabupaten Ciamis netral. Tidak ikut melakukan politik praktis.

"Polisi harus netral dan gelorakan deklarasi damai untuk menjaga kondusifitas dalam pesta demokrasi," tegas Bismo.

Menurut Bismo, bila menemukan anggotanya yang tidak netral dalam Pilpres 2019. Maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas dan akan memprosesnya sesuai sanksi kode etik.

"Kami sudah petakan, sementara titik rawan belum ada. Ciamis mudah-mudahan kondusif. Pilkada sebelumnya berjalan aman dan kondusif. Jadi kita harapkan untuk Pileg dan Pilpres di Ciamis dan Pangandaran berjalan aman, sukses dan kondusif," pungkasnya.




Tonton juga 'Kapolri Sebut Pengamanan Pileg Akan Lebih Ketat dari Pilpres':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed