Ridwan Kamil Ingin Pelantikan Wali Kota-Bupati Dipercepat

Tri Ispranoto - detikNews
Kamis, 13 Sep 2018 21:16 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Rifkianto Nugroho)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap pelantikan gelombang pertama untuk enam pasangan bupati dan wali kota terpilih di Jabar dipercepat.

"Itu masih menunggu kabar. Kalau tetap tidak disetujui berarti tetap Kamis depan (tanggal 20)," ujar pria yang akrab disapa Emil itu, Kamis (13/9/2018).

Kalau keinginannya direstui, pelantikan yang rencananya digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, itu dimajukan pada 15 atau 16 September nanti.

Salah satu pertimbangan ingin dipercepat karena posisi wali kota dan wakil wali kota Bandung yang akan habis masa jabatan pada 16 September 2018. Jika pelantikan tetap tanggal 20 maka kekosongan akan diisi oleh Pj wali kota Bandung.

"Kalau tanggal 20 saya harus melantik Pj yang umurnya hanya empat hari, setelahnya melantik lagi. Administrasi yang ribet," katanya.

Sekadar diketahui, pada gelombang pertama ini ada enam pasangan kepala daerah yang akan dilantik. Mereka berasal dari Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumendang, Kota Bekasi, Kota Sukabumi dan Kota Bandung. (tro/bbn)